PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NAHDLATUL ULAMA PALEMBANG (Skripsi)

SUSANTO, EKO FEBRI (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NAHDLATUL ULAMA PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
1. Cover Skripsi.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Nahdlatul Ulama Palembang. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Nahdlatul Ulama Palembang Tahun Pelajaran 2015/2016 pada semester pertama. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling, untuk kelas eksperimen terpilih kelas VIII5 dan untuk kelas kontrol terpilih kelas VIII4. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk True Eksperimental Design dan desain penelitian Post-test Only Control Design dimana peneliti membandingkan subjek yang mendapatkan pelakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yaitu kelas eksperimen dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (menggunakan pendekatan Saintifik) yaitu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan tes. Sedangkan tes digunakan sesudah perlakuan (Post-test), yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar rata-rata kelas eksperimen adalah 72,718 dan kelas kontrol adalah 67,488. Analisis yang dipergunakan adalah uji t dari hasil penelitian diperoleh r_hitung=2,176 dan t_tabel=1,667 dengan taraf 5%. Karena r_hitung>t_tabel dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), Pendekatan Saintifik (Scientific), Matematika, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 May 2016 02:10
Last Modified: 04 May 2016 02:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item