EVALUASI KUALITAS PELAYANAN MELALUI KAJIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DI UPT PERPUSTAKAAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG

INTAN ANNEZAH ALPIONITA, 1544400037 (2018) EVALUASI KUALITAS PELAYANAN MELALUI KAJIAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) DI UPT PERPUSTAKAAN UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Other thesis, Program Studi Ilmu Perpustakaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSII.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang Evaluasi Kualitas Pelayanan Melalui Kajian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Di UPT Perpustakaan di UIN Raden Fatah Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik yang telah dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang serta mengetahui Faktor-faktor yang perlu diperbaiki dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik di UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian menggunakan metode analisis Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan peraturan Kepmenpan Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia tahun 2004, dengan penyajian data secara Kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan pengisian angket oleh 165 sample yang telah ditentukan secara acak, data yang diperoleh selanjutnya diediting, dikelompokkan dalam tabel selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus-rumus metode analisis Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan peraturan Kepmenpan tahun 2004. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Secara umum Kualitas pelayanan yang telah dilaksanakan oleh UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang berdasarkan penilaian IKM dari angket yang diisi oleh Mahasiswa/Pemustaka melalui kajian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) setelah dikonversi bernilai sebesar 66,18 kategori kinerja unit pelayanan baik dengan mutu penilaian B. Kemudian faktor yang perlu diperbaiki dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan di UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang berdasarkan kajian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang telah dilakukan penulis adalah pada unsur pelayanan kepastian jadwal pelayanan dengan nilai IKM 2,64 dan kecepatan pelayanan dengan nilai IKM 2,69. Adapun saran dalam penelitian ini ialah perlu dilakukan sosialisasi mengenai kepastian jadwal pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu layanan agar pengguna mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Selain itu, untuk pustakawan dituntut dapat meningkatkan kinerja dan kompetensi, ilmu pengetahuan lebih sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima guna memenuhi kepuasan pemustaka. Kata Kunci: Perpustakaan Perguruan Tinggi, Evaluasi, Indeks Kepuasan Masyarakat, UIN Raden Fatah Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? Z665 ??
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 29 Jan 2020 03:05
Last Modified: 29 Jan 2020 03:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5015

Actions (login required)

View Item View Item