ANDRIANI, PUSPITA (2018) PENGARUH METODE PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMP NEGERI 1 MUARA PINANG KABUPATEN EMPAT LAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang pada 26 februari-10 maret 2018. Variabel dalam penelitian ini adalah metode concept mapping sebagai variabel bebas dan pemahaman konsep siswa sebagai variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan quasi experimental design dengan bentuk pretest-postest control group design, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah peta konsep, wawancara, tes tulis (pretest-postest) dan dokumentasi. Tes tulis (pretest-postest) digunakan untuk melihat kemampuan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan metode pembelajaran concept mapping. Hasil uji hipotesis pretes kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu sebesar 0,000 < 0,05 yaitu Ho ditolak. Hasil uji hipotesis posttest pada kelas eksperimen dan kontrol terlihat bahwa sig 0,015 > 0,05 oleh karena itu berarti Ha diterima. Uji hipotesis peta konsep pada kelas eksperimen dan kontrol terlihat bahwa sig 0,349 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang artinya ada pengaruh metode pembelajaran concept mapping terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII di SMP N Muara Pinang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 02:31 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 02:31 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5077 |
Actions (login required)
View Item |