PENGARUH PENERAPAN MEDIA CERITA BERGAMBAR (KOMIK) TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI MI NURUL QAMAR PALEMBANG

AMBARWATI, YUNITA (2019) PENGARUH PENERAPAN MEDIA CERITA BERGAMBAR (KOMIK) TERHADAP MINAT MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI MI NURUL QAMAR PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan media cerita bergambar (komik) terhadap minat membaca siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk membantu siswa menguasai Mata Pelajaran Bahasa Indonesia salah satunya dengan cara membaca. Penggunaan media pembelajaran berupa media cerita bergambar (komik) diharapkan dapat meningkatkan minat membaca siswa, karena cerita bergambar (komik) berisi gambar-gambar yang digemari oleh para siswa. Hal ini akan mempermudah guru untuk meningkatkan minat membaca siswa. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan media cerita bergambar (komik) pada siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qamar Palembang, (2) untuk mengetahui bagaimana minat membaca siswa kelas III sebelum dan sesudah diterapkannya media cerita bergambar (komik) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qamar Palembang, dan (3) untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan media cerita bergambar (komik) terhadap minat membaca siswa kelas III pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qamar Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen Pre Eksperimental Design bentuk One Grup Pretest Posttest Design. Adapun yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qamar Palembang yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan TSR, dan rumus statistik uji “t”. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat diambil kesimpulan bahwa (1) proses pembelajaran dengan menggunakan media cerita bergambar (komik) dapat terlaksana dengan baik, (2) minat mmbaca siswa sebelum menggunakan media cerita bergambar (komik) tergolong rendah dan setelah menggunakan media cerita bergambar (komik) tergolong tinggi, (3) antara skor angket sebelum dan sesudah diterapkannya media cerita bergambar (komik) terdapat pengaruh, hal ini terlihat dari 2,005 < 14,6 > 2,778 pada taraf signifikan 5% ini berarti bahwa penerapan media cerita bergambar (komik) itu telah berhasil meningkatkan minat membaca siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qamar Palembang. Hal ini dapat dilihat dari nilai angket mereka meningkat atau lebih baik dari pada sebelum penerapan media cerita bergambar (komik). Sehingga pembelajaran dengan media cerita bergambar (komik) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan minat membaca siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media cerita bergambar (komik), minat membaca
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:36
Last Modified: 30 Dec 2019 02:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5086

Actions (login required)

View Item View Item