ZAHARA, ZAHARA (2018) PENGARUH PENERAPAN EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH ADABIYAH II PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SKRIPSI BAB 1.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
SKRIPSI BAB 5.pdf Download (64kB) | Preview |
Abstract
Menulis adalah salah satu keterampilan berbahasa yang digunakan sebagai media untuk berkomunikasi secara tidak langsung dalam bentuk tulisan. Dengan menulis, secara tidak bertatap muka pun dapat berkomunikasi dengan orang lain.. Ada beberapa model pembelajaran diantaranya model experiential learning. Model experiential learning adalah suatu model proses belajar mengajar yang mengaktifkan pembelajar untuk membangun pengetahuan dan keterampilan melalui pengalamannya secara langsung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan menulis karangan eksposisi sebelum dan sesudah diterapkannya model experiential learning serta pengaruhnya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan menulis karangan eksposisi siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model experiential learning serta pengaruhnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain one group pre test-post test. Populasi siswa kelas V berjumlah 102 siswa dan sampel 30 siswa. Alat pengumpulan data berupa observasi, tes praktik, dan wawancara. Teknik analisis data dengan rumus stastistik TSR dan Uji independent sample t test. Keterampilan menulis karangan eksposisi siswa sebelum penerapan model Experiential learning dengan nilai pretest termasuk dalam kategori rendah yaitu dengan nilai 40. Keterampilan menulis karangan eksposisi siswa sesudah penerapan model Experiential learning dengan nilai posttest termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai 90 dan kategori rendah yaitu dengan nilai 60. Pengaruh model Experiential learning terhadap keterampilan menulis karangan eksposisi siswa mempunyai pengaruh yang signifikan, dapat dilihat dari tabel indepenedent sample “t” test, diamana pada kolom sig (2-tailed) diperoleh nilai 0,000<0,05 yang berarti terdapat perbedaan antara sebelum menggunakan model Experiential learning dan sesudah menggunakan model Experiential learning. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat pretest sebesar 61,67 dan pada saat posttest sebesar 73,33. Karena lebih kecil daripada, maka Hipotesis Nol ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis, Karangan Ekposisi, Model Experiential learning |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 02:39 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 02:39 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5092 |
Actions (login required)
View Item |