AMILIN, AMILIN (2019) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 PALEMBANG)(2010). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
Archive
topdf (7).zip Download (464kB) |
Abstract
ABSTRAK "Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang" Kata Kunci: evaluasi pembelajaran, madrasah aliyah model. Sebagaimana diketahui bahwa dalam rangka mengetahui hasil proses belajar yang telah dilaksanakan maka dibutuhkan evaluasi dengan menggunakan komponen penilaian yang meliputi berbagai aspek dan perangkat agar apa yang lakukan dalam pembelajaran dapat diketahui kualitas dan kuantitasnya secara mendalam. Penelitian ini dilakukan untuk mendalami proses evaluasi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran oleh guru di MAN 3 Palembang? Apakah ada faktor penghambat yang dihadapi guru di MAN 3 Palembang dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran? Bagaimana upaya guru di MAN 3 Palembang dalam mengatasi hambatan dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis, yakni upaya penggalian dan pendeskripsian data tentang evaluasi pembelajaran. Penelitian ini diharapkan menghasilkan gambaran mendalam tentang evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru di MAN 3 Palembang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: bahwa dalam pelaksanaan proses evaluasi pembelajaran oleh guru di MAN 3 Palembang pada dasarnya sudah melaksanakan prosedur evaluasi sesuai peraturan yang berlaku yang meliputi langkah-langkah pokok yang harus ditempuh dalam kegiatan evaluasi, yaitu: (1) membuat perencanaan, yang meliputi: menyusun kisi-kisi dan uji-coba, (2) pelaksanaan evaluasi, (3) mengolah data, (4) menafsirkan data, dan (5) menyusun laporan. Secara umum guru di MAN 3 Palembang melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan teknik tes: lisan dan tertulis, dengan pelaksanaan untuk lisan digunakan pada evaluasi formatif dan sumatif. Sedangkan untuk teknik non tes: bentuknya portofolio, yang dilakukan pada evaluasi formatif dan juga sumatif. Pada aspek manajemen evaluasi secara umum guru MAN 3 Palembang telah melakukan kegiatan evaluasi dengan baik yang dibuktikan dengan secara teratur dan terjadwal melakukan kegiatan evaluasi, baik evaluasi pada setiap kegiatan pembelajaran maupun pada saat tengah semester dan akhir semester. Akan tetapi, kelemahan yang ditemukan pada aspek ini adalah adanya kesulitan guru untuk melakukan evaluasi pembelajaran harian atau setiap pertemuan, baik penilaian pada awal pembelajaran maupun penilaian pada akhir pembelajaran. Kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi sangat mempengaruhi penentuan keberhasilan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu cara yang diterapkan adalah dengan menyusun bank soal. Bank soal menjadi sumber dalam memberikan evaluasi kepada peserta didik. Bank soal memudahkan pula tugas Kepala Madrasah mengawasi keberhasilan pembelajaran karena soal-soal merupakan cerminan pembelajaran yang ada. Apabila evaluasi yang dilaksanakan guru menggunakan sumber dari bank soal dan peserta didiknya berhasil menjawab dengan benar, maka hal itu menunjukkan keberhasilan peserta didik dalam penguasaan bahan pelajaran yang disampaikan .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 04:00 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 04:00 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5285 |
Actions (login required)
View Item |