PELAKSANAAN PEKAN TEMATIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL FURQON PALEMBANG (2010)

SATI, ARNI (2019) PELAKSANAAN PEKAN TEMATIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL FURQON PALEMBANG (2010). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img] Archive
topdf (9).zip

Download (471kB)

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN PEKAN TEMATIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL FURQON PALEMBANG PEKAN TEMATIK Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Furqon Palembang dilatarbelakangi oleh adanya pembelajaran yang menyenangkan (fun learning), pembelajaran aktif dan kreatif (active learning). Pekan tematik ini bertujuan untuk menggali dan mengembangkan kreativitas siswa, menumbuhkembangkan pola pembelajaran yang penuh dengan makna, mengembangkan ide-ide cemerlang yang ada diimajinasi siswa dituangkan dalam berkreasi dan berinovasi serta memupuk pola kerja sama antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pekan tematik Sekolah dasar Islam Terpadu Al Furqon Palembang dan untuk mengetahui implikasinya. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan dokumentar, yang akan memaparkan Pelaksanaan Pekan Tematik dan Implikasinya Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Furqon Palembang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif yang bersumber dari hasil observasi, wawancara dan dokumentar. Sedangkan sumber data diperoleh dari wawancara dan observasi kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah bagian Keislaman dan Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan serta Siswa Kelas 3 SDIT Al Furqon Palembang. Teknik dan metode pengumpulan data dengan cara melakukan observasi langsung ke lapangan, mengadakan wawancara tertulis kepada pihak sekolah dan siswa SDIT Al Furqon Palembang. Teknik Analisa data, setelah data terkumpul, peneliti langsung menganalisi data. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa proses pelaksanaan pekan tematik Sekolah dasar Islam Terpadu Al Furqon Palembang diadakan satu tahun sekali dengan menggunakan tema yang berbeda-beda dalam setiap tahunnya. Pekan Tematik ini merupakan salah satu program yang ada di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al furqon Palembang. Melalui pekan tematik, siswa dididik untuk saling kerja sama dan mandiri sehingga mereka bisa menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Tema yang dipilih berdasarkan tingkat kebutuhan dan kemampuan siswa dan level kelas masing-masing. Sedangkan implikasi dari pekan tematik SDIT Al Furqon yaitu Berimplikasi terhadap guru, guru dalam menyiapkan Pekan Tematik lebih kreatif dan inovatif. Berimplikasi terhadap siswa, siswa lebih termotivasi untuk berkreativitas karena didukung dengan sarana dan prasarana serta guru yang selalu memberikan motivasi. Berimplikasi terhadap sarana dan prasarana, sumber pembelajaran dan media, dalam kegiatan pekan tematik diperlukan sarana dan prasarana, sumber belajar dan media berupa barang-barang bekas, koran, majalah, jurnal yang berkaiatan dengan tema yang dibahas. Berimplikasi terhadap pengaturan ruangan, ruangan ditata sedemikian rupa disesuaikan dengan tema. Serta berimplikasi terhadap pemilihan metode, metode yang digunakan dalam Pekan Tematik adalah metode praktik secara langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 27 Dec 2019 04:00
Last Modified: 27 Dec 2019 04:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5286

Actions (login required)

View Item View Item