EFEKTIVITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN JARAK JAUH GURU MATEMATIKA MADRASAH ALIYAH DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN PALEMBANG (2014)

IWAN, SUGIANTO (2019) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN JARAK JAUH GURU MATEMATIKA MADRASAH ALIYAH DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN PALEMBANG (2014). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
Cover,daftar isi, dll.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 asli.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 asli.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 asli.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Peningkatan profesionalisme pegawai atau guru dapat melalui pendidikan dan pelatihan (diklat). Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang merupakan salah satu lembaga diklat yang berperan dalam meningkatkan kompetensi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Agama. Salah satu diklat yang dilaksanakan di BDK Palembang adalah Pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh (DJJ). Untuk mengetahui tentang bagaimana pelaksanaan Diklat Jarak Jauh di BDK Palembang yang dalam penelitian ini adalah DJJ guru matematika Madarasah Aliyah (MA) di Balai Diklat Keagamaan Palembang, peneliti tertarik untuk mengkaji secara mendalam dengan melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan pendidikan dan pelatihan jarak jauh dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat efektivitas pelaksanaan pendidikan dan pelatihan jarak jauh guru matematika MA di Balai Diklat Keagamaan Palembang. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dikombinasikan dengan penelitian kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil analisis keseluruhan data menunjukkan bahwa pelaksanaan Diklat Jarak Jauh guru matematika Madrasah Aliyah di Balai Diklat Keagamaan Palembang kurang efektif, walaupun pada segi aspek input menunjukkan kegiatan ini cukup baik, namun dari aspek proses pelaksanaan dan output menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Diklat Jarak Jauh guru matematika Madrasah Aliyah di Balai Diklat Keagamaan Palembang kurang efektif. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Diklat Jarak Jauh guru matematika Madrasah Aliyah Balai Diklat Keagamaan Palembang, yaitu laboratorium komputer di Balai Diklat Keagamaan Palembang, calon peserta kurang memenuhi persyaratan pengetahuan terutama dalam penguasaan komputer/internet, dan peserta sering terkendala dalam mengakses ke website DJJ sehingga mereka sering gagal mengirim tugas dan interaktif lainnya dengan tutor. Selain faktor penghambat, ada juga faktor pendukung yaitu struktur organisasi kepanitiaan dan pembagian tugas yang jelas, dan pembiayaan dalam kegiatan mulai awal hingga akhir menjadi tanggungan DIPA Balai Diklat Keagamaan Palembang. Berdasarkan hasil temuan studi di atas, maka diajukan beberapa saran yaitu Balai Diklat Keagamaan Palembang untuk dapat segera memperbaiki laboratorium komputer yang ada baik dari segi prasarana maupun sarananya dan calon peserta Diklat Jarak Jauh hendaknya mempersiapkan diri terlebih dahulu tentang pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi sebelum mereka mendaftar sebagai peserta Diklat Jarak Jauh agar pada pelaksanaannya dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik yang berarti juga dapat meningkatkan kompetensi guru itu sendiri. Kata kunci : efektivitas, diklat jarak jauh, guru matematika

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 27 Dec 2019 04:00
Last Modified: 27 Dec 2019 04:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5288

Actions (login required)

View Item View Item