IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) DI SMP NEGERI 1 PALEMBANG (2010)

ALIA, RAHMI (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) DI SMP NEGERI 1 PALEMBANG (2010). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
COVER,PERNYATAAN DAN KT PENGANTAR.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI TESIS REVISI 2.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Alia Rahmi. Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di SMP Negeri 1 Palembang. Tesis. Palembang. Program Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang, 2010. Pendidikan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-undang Dasar 1945, bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Pembangunan pendidikan diharapkan menghasilkan manusia cerdas yang berbudaya dan memiliki kepribadian serta kemampuan berkembang. Melalui pendidikan berkualitas diharapkan dapat dihasilkan sumberdaya manusia (SDM) yang bermutu, berorientasi pada peningkatan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), kemampuan profesional serta produktifitas kerja yang tinggi. Salah satu kebijakan pendidikan nasional di bidang pendidikan adalah peningkatan mutu yang dilaksanakan secara sistematis dan terarah. Peningkatan mutu pendidikan dalam konteks otonomi pada satuan pendidikan dilaksanakan melalui ”Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS)”. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah disusun, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1).apa saja aspek- aspek pendidikan yang ingin ditingkatkan mutunya melalui implementasi MPMBS di SMP Negeri 1 Palembang; (2). Bagaimana implementasi MPMBS di SMP Negeri I Palembang terhadap mutu sekolah; dan (3). Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan MPMBS di SMP Negeri I Palembang . Untuk mengungkapkan rumusan masalah dan tujuan penelitian ini, penulis menggunakan metodologi kualitatif, yaitu mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan hasil observasi, wawancara dengan beberapa responden yang menggunakan teknik snowball sampling. Berdasarkan hasil temuan lapangan, maka penulis menyimpulkan Pertama, secara umum agenda peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Palembang sudah berjalan baik, hal ini sesuai dengan prinsip-prinsip yang dikehendaki MPMBS, walaupun masih ada sedikit kekurangan dalam penerapannya. Hal di ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah masih ada pendidikan guru yang belum standar, sarana dan prasarana yang tersedia belum sepenuhnya mendukung kegiatan pembelajaran. Kedua, implementasi pelaksanaan MPMBS yang terdiri dari: Melakukan evaluasi diri, sosialisasi, perencanaan program sekolah, pengelolaan kurikulum, pengelolaan proses pembelajaran, pengelolaan ketenagaan, pengelolaan peralatan dan perlengkapan, pengelolaan keuangan, pelayanan siswa, hubungan sekolah dengan masyarakat, serta evaluasi program sekolah merupakan komponen yang terkait dengan manajemen peningkatan mutu. Dalam kerangka kerja MPMBS ini, manajemen sekolah harus mampu menyatukan semua komponen dalam satu visi dan misi yang ingin dicapai oleh SMP Negeri 1 Palembang. Ketiga, sebagaimana lembaga pendidikan lainnya, di SMP Negeri 1 Palembang juga terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan MPMBS. Faktor penghambatnya adalah masih ada sekelompok guru yang tidak menginginkan adanya kerja tambahan, masih ada guru yang terjebak ”pikiran kelompok”, kurangnya pelatihan bagi semua unsur yang terlibat di sekolah, kebingungan bagi guru atas peran dan tanggungjawab di sekolah, dan kesulitan bagi kepala sekolah melaksanakan fungsi koodinasi. Faktor pendukungnya adalah sarana prasarana pembelajaran yang refresentatif, pengembangan kompetensi guru, dan tenaga kependidikan dan pendukung yang baik dalam pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMP Negeri 1 Palembang .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 27 Dec 2019 04:00
Last Modified: 27 Dec 2019 04:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5290

Actions (login required)

View Item View Item