ARIS, HIDAYAT (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH GERAKAN USAHA PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM (GUPPI) SUKAMORO KECAMATAN TALANG KELAPA BANYUASIN SUMATERA SELATAN (2016). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
HALAMAN JUDUL SAMPAI ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SAMPAI REFERENSI.pdf Download (404kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Perilaku Keagamaan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam (Guppi) Sukamoro Kecamatan Talang Kelapa Banyuasin Sumatera Selatan”. Hal ini dilatar belakangi oleh beberapa rumusan masalah pada penelitian yaitu, peran guru pendidikan agama Islam dalam membina perilaku keagamaan siswa? Upaya-upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam? Faktorfaktor pendukung dan penghambat dalam membina perilaku keagamaan siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru pendidikan agama Islam di MTs Guppi dalam membina perilaku keagamaan siswa, keadaan perilaku keagamaan siswa, apa saja upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membina perilaku keagamaan siswa di MTs Guppi sukamoro. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian penulis menemukan peran guru Pendidikan Agama Islam dan pelaksanaan pembinaan perilaku keagamaan siswa sudah cukup baik, terbukti sudah mengikuti prosedur-prosedur yang dipergunakan dalam melangsungkan proses belajar mengajar dan mengenai perilaku keagamaan yang dimiliki oleh siswa banyak variabel kearah yang baik. Dalam hal ini, ada beberapa metode yang dilakukan guru pendidikan agama Islam di MTs guppi diantaranya adalah metode pembiasaan, paksaan dan teguran, metode keteladanan, metode ganjaran dan hukuman. Guru menjadi teladan yang baik, bijaksana dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa, siswa hendaknya harus tetap menjaga perilaku yang baik yang selama ini sudah dilakukanya dan meningkatkan kekurangan-kekurangan yang ada di sekolah khususnya dalam hal-hal yang bersifat wajib jangan sampai ditinggalkan seperti melaksanakan sholat lima waktu. Kemudian faktor pendukung yaitu MTs Guppi Sukamoro memiliki Tenaga pendidik yang professional, Stakeholder, Sarana dan Prasarana. Faktor penghambatnya yaitu masalah siswa itu sendiri yang masih saja belum memiliki antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar dengan baik, minimnya pendidikan agama di keluarga dan perhatian dari orang tua, faktor lingkungan siswa. Berdasarkan penemuan di atas maka penulis merekomendasikan peneliti selanjutnya adalah perlu diadakan penelitian mengenai pengelolaan kelas dalam proses belajar mengajar pendidikan agama Islam, sarana prasarana pembelajaran, dan sistem pendidikan agama Islam yang ideal, serta profesionalisme guru pendidikan agama Islam masa depan, karena ini merupakan salah satu indikator untuk merealisasikan pendidikan agama Islam yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 27 Dec 2019 09:24 |
Last Modified: | 27 Dec 2019 09:24 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5303 |
Actions (login required)
View Item |