PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI

SUSIANTIKA, DERRA PUTRI (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi yang valid; (2) menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi yang praktis; (3) menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi hukum Newton tentang Gravitasi yang efektif. LKPD berbasis PBL ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model 4D. Pengambilan data penelitian dilakukan di SMA Nurul Iman Palembang terhadap peserta didik kelas X. Tahap awal penelitian yaitu define untuk mendefinisikan kebutuhan penelitian. Tahap design merupakan perancangan LKPD soal pretest dan posttest, serta angket respon peserta didik. Tahap develop, pada tahap ini produk awal LKPD divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi untuk memperoleh kelayakan produk yang telah dirancang berdasarkan hasil validasi dan saran serta komentar validator. Tingkat kelayakan LKPD diperoleh dari validator ahli materi, media dan bahasa yang dianalisis menggunakan Sbi. Setelah divalidasi dan direvisi kemudian produk diujicobakan secara terbatas pada peserta didik kelas XI. Hasil ujicoba terbataskepada peserta didik kelas XI, kemudian dianalisis guna mengetahui kepraktisan LKPD. Uji operasional dilakukan setelah melakukan perbaikan dari hasil ujicoba terbatas. Hasil akhir uji operasional berupa nilai pretest dan posttest kemudian dianalisis dan diperoleh nilai standard gain sebagai hasil peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) telah dihasilkan LKPD berbasis PBL yang layak digunakan. Ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validator ahli matei dan validator praktisi yang memperoleh skor 71,3 dengan kategori sangat baik, ahli media yang memperoleh skor 58 dengan kategori baik dan ahli bahasa yang memperoleh skor 41,78 dengan kategori sangat baik; (2) Hasil analisis respon peserta didik menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilai 85%; (3) peningkatan hasil belajar peserta didik melalui LKPD berbasis PBL dengan standar gain sebesar 0,5 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKPD, PBL, learning outcomes of students' cognitive aspects
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Dec 2019 03:25
Last Modified: 30 Dec 2019 03:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5324

Actions (login required)

View Item View Item