PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN HUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIN 1 PALEMBANG

KURNIATI P, DWI (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN HUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIN 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 NIA.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan pendekatan saintifik dan hubungan dengan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MIN 1 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keaktifan siswa sesudah diterapkan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA yang diterapkan pendekatan saintifik? Kedua, bagaimana keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA yang tidak diterapkan pendekatan saintifik? Ketiga, adakah pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA? Metodologi penelitian pada skripsi ini menggunakan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah true eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest-only control design. Adapun sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan menerapkan pendekatan saintifik, sedangkan kelas kontrol tidak menerapkan pendekatan saintifik. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengambil data keaktifan siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan tes. Teknik pengolahan data dengan menggunakan statistik tes t. Hasil penelitian diperoleh temuan sebagai berikut. Pertama, keaktifan siswa yang diterapkan pendekatan saintifik mendapatkan rata-rata persentase sebesar 77,79%, sedangkan persentase keaktifan siswa yang memperoleh kategori sangat aktif terdapat 17 orang siswa (45%), kategori aktif terdapat 17 orang siswa (45%), kategori kurang aktif terdapat 4 orang siswa (10%), dan kategori sangat kurang aktif tidak ada siswa (0%). Kedua, keaktifan siswa yang tidak diterapkan pendekatan saintifik mendapatkan rata-rata persentase sebesar 51,92%, sedangkan persentase keaktifan siswa yang memperoleh kategori sangat aktif terdapat 3 orang siswa (8%), kategori aktif terdapat 8 orang siswa (21%), kategori kurang aktif terdapat 27 orang siswa (71%), dan kategori sangat kurang aktif tidak ada siswa (0%). Ketiga, penerapan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran IPA, hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t yaitu perhitungan (t0 = 7,9) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts 5% = 2,00 dan ttts 1% =2,65), maka dapat diketahui bahwa t0 adalah leih besar daripada tt yaitu 2,00<7,9>2,65. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA mempunyai pengaruh terhadap keaktifan siswa kelas V MIN 1 Palembang yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN SAINTIFIK, KEAKTIFAN SISWA, MATA PELAJARAN IPA
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:20
Last Modified: 30 Jul 2021 13:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5334

Actions (login required)

View Item View Item