M. Zamziba Syamsudin, Zamziba Syamsudin (2019) STRATEGI MANAJEMEN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL-FURQON PALEMBANG(2015). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
Tesis Lengkap baru.pdf Download (462kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK STRATEGI MANAJEMEN SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL-FURQON PALEMBANG Penelitian yang berjudul Strategi Manajemen Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqon Palembang, bertujuan memperoleh informasi tentang strategi manajemen pendidikan yang sudah dilakukan oleh pihak Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Furqon dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan di SDIT Al-Furqon Palembang. Manfaat penelitian ini adalah sebagai bahan informasi bagi mereka yang berkepentingan dalam hal dunia pendidikan khususnya pihak yayasan sebagai penyelenggara dan orang tua peserta didik yang menyekolahkan anak didiknya di SDIT Al-Furqon. Metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan teknik dokumentasi dengan pendekatan kualitatif, maka penelitian ini juga berlandaskan pada kajian teori strategi dan teori manajemen, serta penelusuran sumber pustaka yang berhubungan dengan buku-buku tentang strategi manajemen pendidikan sekolah dasar dan beberapa sumber tulisan hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan strategi manajemen pendidikan. Hasil penelitian ini terangkum dalam strategi manajemen pembelajaran, strategi manajemen pembiayaan dan strategi manajemen pemasaran (strategi promosi). Strategi manajemen pembelajaran dengan studentactive learning (aktip belajar dan berkarya) dalam bentuk kegiatan seperti silent reading (belajar tanpa bersuara), pra belajar, membaca dan menghafal surat-surat pendek selama 30 menit sebelum masuk kelas, pekan tematik, kunjungan edukatif, paralel inti, remedial, dan Night Study Club (NSC) atau belajar malam dengan menginap di sekolah. Selain itu ada juga kegiatan ekstrakurikuler seperti sempoa, melukis, menari, dan tekwondo. Sarana prasarana yang lengkap dengan label sekolah unggul tentunya membutuhkan biaya dan dana yang besar yang bersumber dari orang tua peserta didik dan dari Yayasan Dakwah dan Pendidikan (YDP) Al-Furqon. Adanya perbedaan biaya pendidikan untuk siswa SDIT yang berasal dari Taman Kanak-Kanak (TKIT) Al-Furqon dan dari luar TKIT Al-Furqon. Strategi manajemen pemasaran adalah membagikan brosur ke orang tua siswa, memasang spanduk, iklan di surat kabar, televisi dan di radio, dan informasi dari mulut ke mulut. Analisis strategi manajemen terhadap misi dan tujuan pendidikan yang disusun dan dirumuskan dengan menghasilkan 29 buah strategi dengan menggunakan analisis SWOT (strenght: kekuatan, weak: kelemahan, opportunity: peluang, threat: ancaman). Misi SDIT Al-Furqon adalah membentuk peserta didik menjadi ahli zikir (taat pada Allah), ahli fikir (cerdas, tekun dan kreatif dalam belajar), ahli ikhtiar (sabar, tawakal dalam belajar dan bekerja), selain itu membentuk sikap dan ahlak siswa baik di sekolah maupun di masyarakat. Tujuan SDIT adalah membangun keseimbangan pada diri peserta didik antara IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) dan IMTAK (iman dan takwa). Adapun program SDIT adalah pengetahuan umum, pendidikan agama Islam, bahasa Inggris, komputer, ektrakurikuler dan membentuk kelompok belajar. Dari pemaparan strategi menajemen pembelajaran, pembiayaan dan pemasaran (strategi promosi) serta hasil analisis strategi manajemen pendidikan dengan pendekatan analisis SWOT yang berjumlah 29 buah strategi tersebut menyimpulkan bahwa SDIT Al-Furqon telah menjalankan secara konsisten dan cukup baik strategi manajemen pendidikan yang berusaha menyeimbangkan antara IPTEK dan IMTAK sebagaimana yang didambakan masyarakat di era global sekarang ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 04:59 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 04:59 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5337 |
Actions (login required)
View Item |