PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

ANGGITA, INNE TIARA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran selalu menggunakan metode konvensional, sehingga guru yang lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kurangnya keaktifan siswa, kesulitan memahami materi Biologi dan rendahnya kesadaran belajar berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar Biologi siswa pada materi struktur dan fungsi sistem pencernaan manusia kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan kategori quasi eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) sebagai variabel bebas dan hasil belajar Biologi siswa sebagai variabel terikat. Sampel penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol, selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengukur aktifitas belajar siswa pada saat pembelajaran berlangsung, tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi yang berhubungan dengan masalah penelitian. Analisis tes menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar biologi pada materi struktur dan fungsi sistem pencernaan pada manusia di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata kelas eksperimen 71,7 yang lebih besar dari pada kelas kontrol 66 dengan thitung = 73,864 > ttabel = 71,76471, pada taraf signifikan 5%. Demikian juga dari hasil observasi yang aktifitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) digolongkan baik dengan nilai rata-rata 70,75 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Siswa, Struktur dan Fungsi Sistem Pencernaan Pada Manusia
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Dec 2019 04:45
Last Modified: 30 Dec 2019 04:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item