PENGARUH MOTIVASI TERHADAP DISIPLIN GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN MUSI BANYUASIN

HAYANSO, HAYANSO (2019) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP DISIPLIN GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
HAYANSO TESIS baru.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penilaian ini dilakukan oleh peneliti dilatar belakangi oleh asumsi adanya pengaruh yang signifikan motivasi terhadap disiplin kerja guru Madrasah Aliyah Negeri Model Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin tempat lokasi penelitian. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari jawaban atas beberapa pertanyaan tentang motivasi dan disiplin kerja guru. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan survei dengan rancangan penelitian kualitatif. Untuk memperoleh informasi yang diperlukan rancangan instrumen penelitian ini dengan menggunakan daftar pertanyaan, kemudian hasilnya di analisis dengan menggunakan Statistical Package for Social Scince seri 10. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru yang ada di Madrasah Aliyah Negeri Model Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin yang berjumlah 45 orang guru dan yang menjadi sampel adalah 19 orang guru tetap atau yang memiliki status Pegawai Negeri Sipil. Penelitian ini juga ingin mengetahui bagaimana pengaruh motivasi terhadap disiplin guru Madrasah Aliyah Negeri Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Sedangkan kegunaan penelitian untuk dijadikan kontribusi kepada pemimpin atau kepala sekolah dengan memberikan motivasi dan disiplin kerja guru para staf dan dewan guru di Madrasah Aliyah Negeri Model Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin. Adapun hipotetis Motivasi adalah : Tingkat kompensasi yang layak, kesempatan untuk maju, suasana meyenangkan, pengakuan prestasi, penerimaan dalam kelompok. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien regresi variabel bebas (motivasi) menunjukan hasil tingkat kompensasi sebesar –0,113 dengan tingkat signifikan 0,535 menunjukan meningkat atau tinggi, kesempatan untuk maju sebesar –0,0325 dengan signifikansi 0,609 rendah. Dengan kata lain setiap peningkatan total kesempatan untuk maju sebesar satuan akan menurunkan tingkat disiplin guru sebesar 0,0325. Selanjutnya suasana menyenangkan sebesar 1,01546 dengan tingkat signifikansi 0,846 hasil tersebut menununjukkan tinggi, hal tersebut menunjukan peningkatan. Dengan kata lain setiap ada kata peningkatan total suasana senang dan aman sebesar satuan akan meningkatkan tingkat didiplin guru sebesar 0,01546 selanjutnya pengakuan prestasi sebesar –0,601 dengan tingkat signifikansi 0,277 hasil tersebut menunjukan tinggi, ini berarti pengaruh variabel tersebut tinggi. Dengan kata lain setiap ada peningkatan total pengakuan prestasi sebesar satu satuan akan meningkatkan tingkat disiplin sebesar 0,601. selanjutnya penerimaan dalam kelompok sebesar 0,260 dengan tingkat signifikan 0,583 menunjukkan tinggi, dengan kata lain setiap ada peningkatan total penerimaan dalam kelompok sebesar satu satuan akan meningkatkan disiplin gurru sebesar 0,260. Motivasi yang berpengaruh terhadap disiplin guru adalah : tingkat kompensasi yang layak, kesempatan untuk maju, suasana meyenangkan, pengakuan prestasi, penerimaan dalam kelompok. Sedangkan hasil perhitungan regresi variabel tak bebasnya (disiplin) adalah Y= 0,220-0,113 (XI) sebesar pemberian kompensasi –0,00325 (X2) ada tidaknya keteladan dari pemimpin +0,001546 (X3) ada tidaknya peraturan yang menjadi pegangan. –0,601 (X4) ada tidaknya pengawasan dan perhatian dari pemimpin. +0,260 (X5) ada tidaknya kebiasaan yang mendukung tegaknya disiplin. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien pengaruh sercara keseluruhan menunjukan berpengaruh sekali. Variabel-variabel independen denagan variabel dependen sangat kuat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 30 Dec 2019 09:25
Last Modified: 30 Dec 2019 09:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5343

Actions (login required)

View Item View Item