OKTARIYANI, AMELIA (2019) PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 22 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I pdf.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL (Problem Based Learning) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret tahun 2019 di SMA Negeri 22 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experimental design dan desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen masingmasing berjumlah 36 orang. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes uraian keterampilan proses sains. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25 diperoleh hasil Sig. (2.Tailed) < 0,05 yaitu 0,000 sehingga menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh model PBL (Problem Based Learning) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit terhadap keterampilan proses sains siswa. Keterampilan proses sains tertinggi pada kelas eksperimen adalah prediksi, sedangkan pada kelas kontrol adalah klasifikasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Elektrolit dan Non Elektrolit, Keterampilan Proses Sains, Problem Based Learning. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 07:13 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 07:13 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5353 |
Actions (login required)
View Item |