Djohan, Qoyim (2019) PELAKSANAAN FUNGSI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ITTIFAQIAH KABUPATEN OGAN ILIR INDRALAYA. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
Tesis Pak Joqo doc.1.pdf Download (335kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Berdasarkan data yang diperoleh penelitian ini menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut: Pertama, secara umum dapat dikatakan bahwa fungsi kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah sebagian besar telah dilaksanakan dengan baik. Kedua, Pelaksanaan kepemimpinan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah dapat dilihat di aspek: Pada aspek perencanaan Kepala Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah telah membuat perencanaan jangka pendek maupun jangka panjang. Adapun perencanaan yang dimaksud meliputi : menyiapkan kurikulum, menyiapkan pembelajaran, memperkirakan jumlah santri, menyiapkan personalia, pembagian tugas, menyiapkan rancangan anggaran belanja Madrasah Aliyah, menyiapkan program tahunan, menyiapkan fasilitas pembelajaran. Dalam menyusun perencanaan kepala Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah melakukan musyawarah dan melibatkan unsur-unsur wakil kepala Madrasah, para guru, beberapa pegawai, ini dilakukan untuk menampung aspirasi mereka, supaya rencana yang disusun benar berdasarkan kebutuhan nyata. Pada aspek pelaksanaan kepala Madrasah Aliyah Pondok Pesantren telah melakukan berbagai upaya yaitu : Mensosialisasikan pengembangan kurikulum, memfasilitasi guru. Dalam pelaksanaan ini kepala Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah bertindak sebagai manajer yang hanya memberi instruksi terhadap bawahan (guru dan karyawan), tetapi juga ikut terjun langsung dalam pelaksanaan sebagian rencana yang sudah ditetapkan. Pada aspek pengawasan dan evaluasi kepala Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah selanjutnya menitoring pelaksanaan rencana Madrasah Aliyah yang telah ditetapkan termasuk dalam hal penggunaan anggaran. Selanjutnya kepemimpinan Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah melakukan evaluasi terhadap rencana-rencana yang sudah dibuatnya dengan menggunakan beberapa bentuk evaluasi diantaranya dengan portofolio untuk menilai kerja guru dan karyawan. Ketiga, dalam pelaksanaan fungsi kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Al-Ittifaqiah terdapat faktor-faktor pendukung yaitu: Adanya dukungan penuh dari ketua Yayasan dan Mudir, adanya partisipasi yang besar dari guru dan karyawan, adanya visi dan semangat yang sama dari seluruh unsur pondok yaitu: ingin memajukan dan meningkatkan kualitas pondok, adanya dukungan masyarakat yang besar terhadap proses pendidikan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah, adanya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan di pondok Pesantren Al-Ittifaqiah. Selain faktor pendukung, terdapat pula faktor penghambat pelaksanaan fungsi kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah yaitu : Tidak meratanya pengetahuan guru dan karyawan terhadap tugas yang dibebankan kepada mereka, masih terbatasnya sarana dan fasilitas yang dimiliki Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah, dan pengetahuan kepala Madrasah Aliyah terhadap tugasnya sebagai pimpinan dan manajer sekolah / tidak semuanya dapat diterapkan sesuai teori karena situasi dan kondisi Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:51 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5371 |
Actions (login required)
View Item |