PELAKSANAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MODEL PANGKALPINANG

IKA, ROBIANTARI (2019) PELAKSANAAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) MODEL PANGKALPINANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
Cover (3).pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ok.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ok.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V ok.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ika Robiantari. Pelaksanaan Manajemen Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Model Pangkalpinang. Tesis, Palembang: Program Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang, 2013. Sekolah adalah lembaga pendidikan tempat mendidik siswa tentang ilmu pengetahuan umum dan keagamaan. Proses belajar mengajar pada dasarnya merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan siswa dengan guru untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Akan tetapi yang paling inti di dalamnya adalah tentang manajemennya. Keberhasilan manajemen akan menjadi barometer keberhasilan pendidikan sendiri. MAN Model Pangkalpinang berdasarkan visinya ”Mempersiapkan Peserta Didik yang Bertaqwa, Berprestasi, dan Berbudaya”, maka perhatian terhadap prestasi belajar diupayakan semaksimal mungkin serta menerapkan sistem manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam menjalankan kegiatan manajerial sekolahnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan manajemen pendidikan Islam di MAN Model Pangkalpinang dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat manajemen pendidikan Islam di MAN Model Pangkalpinang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pendidikan Islam yang diberlakukan di MAN Model Pangkalpinang, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pendidikan Islam di MAN Model Pangkalpinang. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada 2 (dua) jenis. Pertama, sumber data primer yaitu Kepala Madrasah dan guru. Kedua, sumber data sekunder, yaitu karyawan dan dokumen. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat, digunakan metode analisis SWOT Strength (kekuatan), Weaknes (Kelemahan), Opportunity (peluang) dan Treath (ancaman). Penelitian ini menyimpulkan bahwa, pelaksanaan manajemen pendidikan Islam di MAN Model Pangkalpinang telah menerapkan kurikulum yang menyatu dengan keislaman, tenaga kependidikan yang professional, pengelolaan kesiswaan yang sesuai dengan kebutuhan anak, pengelolaan keuangan yang rapi dan transparan, sarana dan prasarana yang memadai, pengelolaan hubungan dengan masyarakat yang solid, serta layanan khusus yang memadai. MAN Model Pangkalpinang juga telah menerapkan prinsip-prinsip manajemen dalam pendidikan Islam yaitu prinsip amar ma’ruuf nahi munkar, prinsip menegakkan kebenaran, prinsip menegakkan keadilan, dan prinsip menyampaikan amanah kepada yang ahli. Adapun faktor pendukung MAN Model Pangkalpinang di dorong oleh visi dan misi mutu menjadi sekolah percontohan sekaligus unggulan di segala bidang dan faktor penghambatnya belum optimalnya dalam pelaksanaan manajerialnya. Kata Kunci : MAN Model Pangkalpinang, Manajamen Pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:51
Last Modified: 31 Dec 2019 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5375

Actions (login required)

View Item View Item