IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KERORGANISASIAN SISWA (Studi Pada SMA Islam Al-Amalul Khair Palembang)(2015)

SRI, SAFRINA (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENINGKATKAN KERORGANISASIAN SISWA (Studi Pada SMA Islam Al-Amalul Khair Palembang)(2015). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
Bab Seluruh Revisi baru.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER (5).pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Secara sederhana manajemen kesiswaan adalah penataan dan pengaturan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik, mulai masuk sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu sekolah. Manajemen Kesiswaan bukan hanya berbentuk pencatatan data peserta didik, melainkan meliputi aspek yang lebih luas yang secara operasional dapat membantu upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui proses pendidikan di sekolah. Manajemen kesiswaan juga berarti seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja serta pembinaan secara kontinu terhadap seluruh peserta didik agar dapat mengikuti proses belajar mengajar secara efektif dan efesien, mulai dari penerimaan peserta didik hingga keluarnya peserta didik dari suatu sekolah. Kegiatan lain yang berhubungan langsung dengan siswa di antaranya adalah organisasi siswa. Organisasi pada dasarnya merupakan wadah sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Ada 2 masalah pokok yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana implementasi manajemen kesiswaan di SMA Islam Al-Amalul Khair Palembang, dan apakah faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi manajemen kesiswaaan dalam meningkatkan keorganisasian siswa di SMA Islam Al-Amalul Khair Palembang. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yaitu penelitian dengan cara terjun langsung ke tempat penelitian untuk mengamati dan terlibat langsung dengan objek penelitiannya. Jenis penelitiannya ialah penelitian studi kasus yang bersifat kualitatif dengan logika berfikir induktif, dimana penelitian ini memiliki karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya. Metode yang dipergunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dipergunakan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan implementasi manajemen kesiswaan serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan keorganisasian siswa di SMA Islam Al-Amalul Khair Palembang. Metode dokumentasi dipergunakan untuk mengungkapkan data yang bersifat administratif serta data-data kegiatan yang didokumentasikan. Analisis data dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian mengenai implementasi manajemen kesiswaan dalam meningkatkan kerorganisasian siswa Pada SMA Islam Al-Amalul Khair Palembang, maka dapat disimpulkan: pertama, pelaksanaan manajemen kesiswaan di SMA Islam Al-Amalul Khair Palembang tidak hanya dilaksanakan oleh waka kesiswaan saja akan tetapi dengan cara bekerjasama dengan pihak lain, yaitu wakil kepala sekolah waka kurikulum. Dan ternyata dapat berjalan dengan baik. Adapun implementasi manajemen kesiswaan di SMA Islam Al-Amalul Khair Palembang meliputi : perencanaan kesiswaan, penerimaan siswa baru, pengelompokan siswa, pembinaan disiplin siswa, kelulusan dan alumni, kegiatan ekstrakulikuler dan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Kedua, faktor pendukung dalam implementasi meningkatkan keorganisasian pada siswa di SMA Islam Al-Amalul Khair Palembang, yaitu tingginnya intensitas koordinasi waka kesiswaan dengan Pembina OSIS menjadikan berjalannya program-program kesiswaaan berjalan dengan lancar dan sikap professional dan kedisiplinan waka kesiswaan dan Pembina OSIS dalam menjalakan tugas-tugasnya. Selain faktor pendukung, manajemen kesiswaan juga mengalami keterhambatan yang disebabkan oleh kurangnya komunikasi antara waka kesiswaan dengan pembina OSIS karena padatnya kegiatan yang mengakibatkan kurangnya perhatian terhadap sistem monitoring dan evaluasi atas berbagai kegiatan dan program yang telah telah dijalankan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 31 Dec 2019 07:51
Last Modified: 31 Dec 2019 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5378

Actions (login required)

View Item View Item