MUDIRNI, TAIM (2019) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PRABUMULIH (2008). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
halaman judul,pengesahan,dll.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1 Baru.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2 Baru.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5 Baru.pdf Download (55kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Kinerja guru ditentukan oleh banyak faktor antara lain kepemimpinan kepala madrasah. Dengan kata lain bahwa jika kepemimpinan baik maka kinerja guru pun akan cendrung baik pula. Inilah yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini yaitu ingin melihat sejauh mana pengaruh kualitas kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MTs Negeri Prabumulih. Berdasarkan observasi awal dapat dikemukakan pokok masalah sebagai berikut: dalam menyusun program peningkatan mutu akademik dan non akademik Kepala MTs Prabumulih kadang-kadang Kepala MTs N Prabumulih tidak melibatkan warga madrasah dan stakeholder. Oleh karena itu, maka kebijakan kepala madrasah tidak berjalan dengan baik atau mandek karena tidak mendapat dukungan kurang mendapat dukungan dari bawah. Kepala MTs N Prabumulih tidak memiliki teamwork dalam program pengembangan madrasah. Kepala MTs N Prabumulih dalam menjalankan supervisi, selalu mendelegasikan kepada wakil kepala badang kurikulum sebab itu guru-guru kurang mendapat pembinaan. Kepala MTs N Prabumulih kurang tegas dalam memberikan tugas kepada guru-guru untuk kepentingan pembelajaran. Berdasarkan pokok masalah tersebut dapat dirumuskan permasalahan penelitian yaitu: Bagaimana tingkat kualitas kepemimpinan Kepala MTs Negeri Prabumulih? Bagaimana tingkat kinerja guru-guru MTs Negeri Prabumulih? Apakah kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru MTs Negeri Prabumulih? Dengan demikian tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepemimpinan Kepala MTs Negeri Prabumulih, tingkat kinerja guru-guru MTs Negeri Prabumulih, pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja guru MTs Negeri Prabumulih. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru-guru agar lebih mengetahui dan mendalami tentang peran guru sebagai pengajar, pendidik dan pemimpin dalam merencanakan program, melaksanakan program dan mengendalikan kegiatan dengan mempelajari manajemen kelas, sehingga tugas dan tanggung jawab yang dibebankan dapat dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai aturan-aturan yang telah ditetapkan. Populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel adalah seluruh guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri Prabumulih yang berjumlah 60 orang. Dari 60 orang ini akan digali data yang berkenaan dengan dua variabel yaitu: kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru itu sendiri, latar belakang pendidikan guru MTs N Prabumulih adalah kebanyakan strata satu (S1). Data yang diperlukan dalam penelitian ini digali melalui angket, wawancara dan observasi. Kemudian data diambil melalui sumber yang terpercaya yaitu kepala madrasah, guru dan pegawai. Setelah data terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan rumus regresi guna mencari hubungan antar variabel yang dalam hal ini menggunakan bantuan program SPSS. Setelah data diolah kemudian mendapatkan hasil sebagai kesimpulan penelitian yaitu: Kepemimpinan kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Prabumulih telah berjalankan dengan baik R = 0,436. Terdapat pengaruh positif antara kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Prabumulih dengan kinerja guru. Adapun model yang dihasilkan adalah Y = 67,200 + 0,238 X, artinya setiap eningkatan satu unit pada variabel X menyebabkan variabel Y bertambah 0.238. adapun kontribusi variabel kepemimpinan dengan kinerja guru adalah sebesar 19,00 %.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 31 Dec 2019 07:50 |
Last Modified: | 31 Dec 2019 07:50 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5382 |
Actions (login required)
View Item |