PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI HUKUM BACAAN LAM DAN RA DI KELAS VIII MTs NURUL CHALIK BATURAJA BUNGIN MARTAPURA KAB.OKU TIMUR (Skripsi)

Adiwijaya, Tri (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS MATERI HUKUM BACAAN LAM DAN RA DI KELAS VIII MTs NURUL CHALIK BATURAJA BUNGIN MARTAPURA KAB.OKU TIMUR (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Superitem Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Materi Hukum Bacaan Lam dan Ra di Kelas VIII MTs Nurul Chalik Baturaja Bungin Martapura Kab. OKU Timur. Dalam skripsi ini penulis ingin memaparkan bahwa pentingnya dilakukan pembaharuan kreativitas pembelajaran terutama dalam metodologi dan pengelolaan proses pembelajaran, khususnya proses pembelajaranAl-Qur’an Hadits di MTs Nurul Chalik Baturaja Bungin Martapura Kab. OKU Timur.Hal ini sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Permasalahan yang akan diteliti yakni tentang hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang diterapkan Model Pembelajaran Superitem, hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang tidak diterapkan Model Pembelajaran Superitem, dan perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di MTs Nurul Chalik Baturaja Bungin Martapura Kab. OKU Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan Model Pembelajaran Superitem, hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak diterapkan Model Pembelajaran Superitem, dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di MTs Nurul Chalik Baturaja Bungin MartapuraKab. OKU Timur. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen two-group-post-test only design. Adapun langkah-langkah dalam penelitian eksperimen ini adalah dimulai dengan membuat hipotesis kasual yang terdiridari variable independen (bebas) dan variabel dependen (terkait).Langkah berikutnya adalah mengukur variabel dependen diikuti dengan memberikan stimulus kedalam kelompok yang akanditeliti, dankemudian mengukur variable dependenyang tidak diberikan stimulus kemudian membandingkannya. Setelah peneliti perhitungkan dengan menggunakan rumus uji “T”. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas control dalam penerapan Model Pembelajaran Superitem Nilai “t” yang terdapat pada to adalah jauh lebih besar dari “t” tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% 2,00 > 5,508 > 2,63. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Model PembelajaranSuperitemdapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat digunakan dalam pembelajaran disekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Superitem, Hasil Belajar, two-group-post-test only design.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 10 May 2016 08:01
Last Modified: 10 May 2016 08:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/539

Actions (login required)

View Item View Item