YENI, SUFRIANI (2020) STANDAR KOMPETENSI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I PALEMBANG (2008). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
hlm judul Print.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1 Print.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2 Print.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5 Print.pdf Download (65kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Keberadaan madrasah merupakan salah satu wujud nyata dari keinginan Pemerintah, orang tua, dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan untuk dapat menjadi sarana pembangunan manusia Indonesia yang berkualitas dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi berlandaskan IMTAQ. MTsN I Palembang perlu menjadi lebih berkualitas karena madrasah itu merupakan "model" yang menjadi percontohan dalam berbagai aspeknya bagi madrasah-madrasah tsanawiyah lain di Sumatera Selatan. Percontohan itu meliputi hal-hal: aspek kegiatan pembelajaran yang berkualitas dan sarana prasarana pembelajaran yang mampu berdaya guna sesuai perkembangan IPTEK. Dalam rangka membuktikan bahwa MTsN I Palembang mempunyai nilai lebih dalam berbagai aspeknya sehingga dijadikan Madrasah Model, maka penulis terdorong untuk menelaah lebih dalam bagaimana standar kompetensi pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Standar kompetensi meliputi tiga komponen, yaitu: (1) komponen kompetensi pengelolaan pembelajaran dan wawasan kependidikan, (2) komponen kompetensi akademik/vokasional sesuai dengan materi pembelajaran, dan (3) komponen pengembangan profesi. Adapun sub-komponen kompetensi pengelolaan pembelajaran itu meliputi: penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian prestasi belajar peserta didik, dan pelaksanaan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserta didik. Pokok masalah yang diajukan dalam penelitian ini, bagaimana standar kompetensi guru dalam proses pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri I (MTsN 1) Palembang? Faktor-faktor apa yang menghambat upaya guru MTsN 1 Palembang untuk memenuhi standar kompetensi dalam pengelolaan pembelajaran? Faktor-faktor apa yang mendorong guru MTsN 1 Palembang untuk memenuhi standar kompetensi dalam proses pembelajaran? Adapun Kajian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Sumber data primer penelitian ini adalah guru tetap yang mengajar di MTsN I Palembang. Sumber data sekunder diperoleh melalui observasi, dokumentasi data. Dalam rangka mempertajam analisis, informan yang dijadikan sumber data sekunder adalah unsur pimpinan madrasah. Berdasarkan penelitian dan pembahasan, maka hasil penelitian yang dapat dirumuskan adalah bahwa: Standar kompetensi dalam pengelolaan pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah Negeri I (MTsN 1) Palembang pada umumnya sudah baik. Akan tetapi, pada aspek perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran masih perlu peningkatan dalam hal pemenuhan bahan ajar/buku teks, rasio peserta didik dengan guru yang harus disesuaikan, rasio buku teks/bahan ajar yang tidak sesuai dengan standar, dan penerapan budaya membaca dan menulis di kalangan peserta didik. Pada aspek penyusunan rencana pembelajaran, secara umum diperoleh gambaran bahwa guru MTsN 1 Palembang telah melaksanakan prosedur pembelajaran dengan menyusun rencana apabila akan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran, jumlah peserta didik per kelas, dan beban mengajar sudah sesuai dengan standar. Namun rasio buku teks dengan peserta didik kurang sesuai dengan standar (1 buku mata pelajaran per peserta didik). Akan tetapi, peserta didik diberikan tugas. Mengacu pada hasil penelitian, maka rekomendasi yang diajukan adalah; masih perlunya peningkatan wawasan guru MTsN 1 Palembang dalam pengelolaan pembelajaran baik mengenai perencanaan, pelaksanaan maupun penilaian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 03 Jan 2020 07:03 |
Last Modified: | 03 Jan 2020 07:03 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5401 |
Actions (login required)
View Item |