MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KAYUAGUNG

NURHAYATI, IBRAHIM (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KAYUAGUNG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
COVER DEPAN tesis.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1,2,5.pdf

Download (452kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KAYUAGUNG Tesis ini berjudul Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kayuagung, hal ini dilatarbelakangi dalam pencapaian keberhasilan pembelajaran pendidikan agama Islam dimana seorang guru mempunyai kualitas yang baik. Secara umum guru itu harus memenuhi dua kategori, yaitu memiliki capability dan loyality, yakni guru itu harus memiliki kemampuan dalam bidang ilmu yang diajarkannya, memiliki kemampuan teoritik tentang mengajar yang baik, mulai dari perencanaan, implementasi sampai evaluasi, dan memiliki loyalitas keguruan, yakni loyal terhadap tugas-tugas keguruan yang tidak semata di dalam kelas, tapi sebelum dan sesudah di dalam kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kayuagung. Penelitian dalam tesis ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan alat pengumpul data yaitu: observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan analisis data dianalisis melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Dari analisis data dalam tesis ini ditemukan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kayuagung meliputi perencanaan kurikulum, materi pembelajaran, metode, dan siswa. Sebagian besar guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kayuagung dari segi perencanaan pembelajaran sudah berjalan dengan maksimal dan baik sesuai dengan yang diharapkan. Kedua, pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kayuagung meliputi pengorganisasian kurikulum, materi pembelajaran, metode, dan siswa. Sebagian besar guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kayuagung dari segi pengorganisasian pembelajaran sudah berjalan dengan maksimal dan baik sesuai dengan yang diharapkan. Ketiga pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kayuagung meliputi pelaksanaan kurikulum, materi pembelajaran, metode, dan siswa. Sebagian besar guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kayuagung dari segi pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan dengan maksimal dan baik sesuai dengan yang diharapkan. Keempat evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kayuagung evaluasi kurikulum, materi pembelajaran, metode, dan siswa. Sebagian besar guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kayuagung dari segi pelaksanaan evaluasi pembelajaran sudah berjalan dengan maksimal dan baik sesuai dengan yang diharapkan. Sehubungan dengan temuan diatas, maka penulis merekomendasikan kepada peneliti berikutnya agar fokus membahas tentang efektivitas manajemen pembelajaran PAI dalam meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:02
Last Modified: 03 Jan 2020 07:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5416

Actions (login required)

View Item View Item