EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FASILITAS PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SAKATIGA KECAMATAN INDERALAYA KABUPATEN OGAN ILIR (2008)

ROSILAH, HELYANA (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN FASILITAS PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SAKATIGA KECAMATAN INDERALAYA KABUPATEN OGAN ILIR (2008). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
01 Halaman Muka (1).pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 (7).pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 (7).pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (8).pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Departemen Agama menyelenggarakan pendidikan program keterampilan yang mengasah kecakapan hidup (life skills). Output dari program ini diarahkan supaya peserta didik mampu memasuki lapangan kerja sesuai dengan keahlian dan keterampilan yang dipelajari di Madrasah Aliyah Program Keterampilan. Sehubungan dengan pernyataan di atas, penulis ingin meneliti efektivitas penggunaan fasilitas pendidikan kecakapan hidup (life skills) yang diselenggarakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sakatiga Kabupaten Ogan Ilir, terdiri dari jurusan Tata Busana, jurusan Elektronika dan jurusan Perabot. Rumusan masalah pada penelitian ini (1) bagaimana perencanaan penggunaan fasilitas pendidikan life skills di MAN Sakatiga (2) bagaimana efektivitas penggunaan fasilitas pendidikan life skills di MAN Sakatiga (3) bagaimana pengawasan penggunaan fasilitas pendidikan life skills di MAN Sakatiga. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, wawancara dan kuesioner. Wawancara dan kuesioner diberikan kepada 26 orang nara sumber yang terdiri dari kepala madrasah, 4 orang wakil kepala madrasah, kepala tata usaha, 6 orang instruktur, dan 14 orang peserta didik (Jurusan Tata Busana 4 orang, Jurusan Elektronika 6 orang, Jurusan perabot 4 orang). Jumlah pertanyaan ada 17 dari aspek penyiapan diri dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan fasilitas pendidikan life Skills ada 53 item dari 10 aspek. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan pendekatan Miles and Huberman dan Spradley. Dari analisis data penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: (1) perencanaan penggunaan fasilitas pendidikan life skills di MAN Sakatiga secara umum sudah baik, hal ini dapat ditunjukkan oleh kesiapan instruktur dan peserta didik untuk melaksanakan pendidikan life skills sudah sangat siap dengan nilai rata-rata kesiapan instruktur melaksanakan program life skills 57,7, kesiapan peserta didik 55,1 (2) Efektivitas penggunaan fasilitas pendidikan life skills mencapai 72,1% dengan kriteria ”baik”. (3) pengawasan penggunaan pendidikan life skills konteks, input, proses dan output sebagian besar tercapai sesuai dengan panduan dari Departemen Agama. Penelitian ini merekomendasikan kepada pihak pengelola pendidikan keterampilan life skills di MAN Sakatiga dalam perekrutan peserta didik memperhatikan minat peserta dalam menentukan jurusan, adanya penambahan jam belajar, meningkatkan kedisiplinan peserta didik dan pembimbing, menjaring hubungan dengan mitra usaha dan lembaga-lembaga terkait, pendokumentasian proses kegiatan dan output. Kepada pihak Departemen Agama agar terus memberikan dukungan pendanaan, pengawasan dan evaluasi untuk keberlanjutan pendidikan keterampilan life skills di MAN Sakatiga.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:55
Last Modified: 03 Jan 2020 08:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5418

Actions (login required)

View Item View Item