MANAJEMEN PELAKSANAAN KEGIATAN ADMINISTRATIF DI FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN FATAH PALEMBANG(2010)

Binti, Musrikah (2020) MANAJEMEN PELAKSANAAN KEGIATAN ADMINISTRATIF DI FAKULTAS TARBIYAH IAIN RADEN FATAH PALEMBANG(2010). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
COVER (7).pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (5).pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (6).pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (7).pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Abstrak Tesis ini berjudul: ”Manajemen Pelaksanaan Kegiatan Administratif di Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah palembang”. Pelaksanaan Kegiatan administratif adalah serangkaian kegiatan atau pelayanan (kegiatan) mahasiswa yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam melayani Pelanggan(mahasiswa) khususnya pada Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara maksimal sehingga dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien dengan menerapkan 4 (empat) prinsip Total Quality Management di Fakultas Tarbiyah yang merupakan salah satu fakultas di Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang yang berdiri sejak 1983 diketuai oleh Drs. Let. Kol. Hasbullah Bakhry. Penelitian ini berupaya menjawab: pertama, tentang pelaksanaan kegiatan administratife di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Fatah Palembang dengan menerapkan 4 (empat) prinsip Total Quality Management menurut pendapat Hensler dan Brunnell, yaitu: kepuasan pelanggan, respek kepada setiap orang, manajemen berdasarkan fakta dan perbaikan berkesinambungan. Kedua, faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kegiatan administratif di Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang yang direalisasikan pada pelayanan setiap pelanggan. Pelanggan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang merupakan individu yang terlibat langsung dalam kegiatan administratif di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAIN) Raden Fatah Palembang bekerjasama dengan para staf organisasi (karyawan) yang diharapkan dapat mencapai perubahan dan perbaikan pelayanan yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseacrh)dengan melibatkan informan: Kasubab Akademik dan Kemahasiswaan BAK), Kasub Kepegawaian, Pembantu Dekan II dan mahasiswa dengan menggunakan metodologi deskriftif kualitatif dengan data-data yang didapat melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Fenomena di lapangan peneliti menemukan banyak terjadi pelayanan kegiatan administrasi yang maksimal hal ini disebabkan karena kurangnya tenaga ahli dan terbatasnya fasilitas yang ada serta kurang pemahaman yang mendalam mengenai 4 (empat) prinsip Total Quality Management. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan administrasi di Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) meliputi: pelaksanaan kegiatan akademik dan kemahasiswaan, dan pelaksanaan kegiatan perkuliahan, bimbinginan penulisan dan ujian skripsi dan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai kegiatan dimana pada pelaksanaan kegiatan ini sudah menerapkan 4 (empat) prinsif Total Quality Management meskipun belum maksimal sedangkan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan kegiatan adminstrasi yaitu: pemberian upah dan intensif, penerimaan dan penempatan, promosi, penilaian, motivasi serta sarana dan prasarana. Dengan demikian disarankan adanya peningkatan kualitas pelayanan, perlengkapan prasarana, peningkatan pemahaman, pelatihan penerapan 4 (empat) prinsip Total Quality Management agar Fakultas Tarbiyah tidak hanya berkuantitas tetapi juga berkualitas secara maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 03 Jan 2020 09:01
Last Modified: 03 Jan 2020 09:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5422

Actions (login required)

View Item View Item