SIKAP SISWA TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MA AL–FATAH PALEMBANG

YAYANG, SARI APRILDA (2020) SIKAP SISWA TERHADAP INTERAKSI EDUKATIF DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MA AL–FATAH PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
tesis cover, bab 1,2 dan 5.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan belajar mengajar yang terjadi di sekolah adalah suatu proses belajar dan mengajar. Interaksi yang terjadi dalam proses belajar mengajar tersebut adalah interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa yang lazim disebut interaksi edukatif. Tujuan guru mengajar secara sederhana adalah agar bahan yang disampaikan dikuasai sepenuhnya oleh semua siswa, bukan hanya oleh beberapa orang saja. Pendidikan yang baik adalah usaha yang berhasil membawa semua siswa kepada tujuan itu. Sebatas mana usaha yang dilakukan itu tertumpu pada bagaimana guru menjalani perannya terutama sebagai pelaksana pendidikan. Penelitian ini adalah studi kuantitatif tentang sikap siswa terhadap interaksi edukatif dan hubungannya dengan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di MA Al–Fatah Palembang. Pemilihan MA Al–Fatah Palembang sebagai lokasi penelitian karena madrasah ini memiliki beberapa hal seperti, masukan (input) siswa tidak berdasarkan nilai tertentu, semua siswa yang mendaftar diterima. Selain itu, meskipun MA Al-Fatah merupakan madrasah swasta yang tidak memiliki sarana dan prasarana yang memadai, tetapi cukup diminati apabila dibandingkan dengan madrasah swasta lain yang ada di dalam kota Palembang. Ada tiga masalah pokok yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu Bagaimana sikap siswa terhadap interaksi edukatif dalam pembelajaran matematika di MA Al–Fatah Palembang ?. Bagaimana prestasi belajar siswa dalam bidang studi matematika di MA Al–Fatah Palembang ?. Serta apakah ada hubungan yang signifikan antara sikap siswa terhadap interaksi edukatif dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi matematika di MA Al–Fatah Palembang ?. Untuk tujuan itu penelitian ini melibatkan 64 siswa kelas X dan XI MA Al-Fatah pada tahun ajaran 2009-2010 semester genap sebagai responden penelitian. Untuk memperoleh data tentang prestasi belajar matematika dan data pendukung lainnya. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dalam analisis korelasi producet moment dengan peta korelasi dengan rumus : Penelitian ini mengungkap bahwa sikap siswa terhadap interaksi edukatif dalam pembelajaran matematika di MA Al- Fatah Palembang tergolong cukup baik. Meskipun dalam menerapkan prinsip-prinsip interaksi edukatif para guru sering terbentur pada ketersediaan sarana dan prasarana madrasah yang belum cukup. Rata-rata prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di MA Al-Fatah cukup baik. Meskipun siswa yang diterima bersekolah di MA Al-Fatah tidak ditentukan standar nilai tertentu, namun kebanyakan mereka adalah siswa-siswa yang kurang beruntung untuk diterima di sekolah negeri atau pindahan dari sekolah lain karena suatu masalah. Selanjutnya penelitian ini mengungkap pula bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan atau meyakinkan antara sikap siswa terhadap interaksi edukatif dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di MA AL-Fatah Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi edukatif yang baik dan menerapkan prinsip-prinsip interaksi edukatif dengan baik dan benar memiliki hubungan yang positif terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika di MA AL-Fatah Palembang. Penerapan prinsip-prinsip interaksi edukatif perlu dipahami oleh semua guru agar berjalan efektif, sehubungan dengan hal ini perlu kajian selanjutnya secara khusus bagaimana meningkatkan prestasi belajar siswa secara optimal misalnya melalui penelitian tindakan kelas (PTK).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:37
Last Modified: 13 Jul 2021 05:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5426

Actions (login required)

View Item View Item