KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN MTS KECAMATAN KAYUAGUNG (2013)

FENDRAWATI, FENDRAWATI (2020) KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN MTS KECAMATAN KAYUAGUNG (2013). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
cover bab 1.2.5.pdf

Download (456kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAN MTS KECAMATAN KAYUAGUNG Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam membuat perencanaan mengajar, penguasaan materi guru, penguasaan metode, pengelolaan kelas guru, dan penilaian guru mata pelajaran IPS di SMP dan MTs Kecamatan Kayuagung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods research Sedangkan populasi penelitian adalah 12 orang guru IPS. Adapun tehnik pengumpulan data yaitu; teknik observasi, dokumentasi, angket dan wawancara. Sedangkan analisis data akan diolah dalam dua cara, yakni cara kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitatif itu berdasarkan dari hasil angket dianalisa dan diolah dengan menggunakan program SPSS. Data kualitatif dianalisis melalui tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan dan digunakan untuk mendapatkan jawaban yang bersifat deskriptif berdasarkan data wawancara, observasi, dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, Pertama, Kemampuan guru IPS dalam membuat perencanaan mengajar di SMP dan MTs Kecamatan Kayuagung termasuk dalam kategori Baik sebesar 50%, karena sebagian besar guru Ilmu Pengetahuan Sosial sudah memiliki kemampuan membuat perencanaan mengajar. Kedua, Penguasaan materi guru IPS di SMP dan MTs Kecamatan Kayuagung Baik sebesar 66,7% karena sebagian besar guru Ilmu Pengetahuan Sosial sudah memiliki penguasaan materi dalam proses pembelajaran. Ketiga, Penguasaan metode guru IPS di SMP dan MTs Kecamatan Kayuagung Baik sebesar 50%, karena sebagian besar guru Ilmu Pengetahuan Sosial sudah memiliki penguasaan metode dalam proses pembelajaran. Keempat, Pengelolaan kelas guru mata Pelajaran IPS di SMP dan MTs Kecamatan Kayuagung Baik sebesar 58,3% karena sebagian besar guru Ilmu Pengetahuan Sosial sudah memiliki kemampuan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran. Kelima, penilaian guru mata Pelajaran IPS di SMP dan MTs Kecamatan Kayuagung Baik sebesar 58,3% karena sebagian besar guru Ilmu Pengetahuan Sosial sudah memiliki kemampuan dalam penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:37
Last Modified: 09 Jan 2020 07:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5427

Actions (login required)

View Item View Item