MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ( STUDI KASUS SMA YAPEMNU KAYUAGUNG )

INA, ISMAIL (2020) MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ( STUDI KASUS SMA YAPEMNU KAYUAGUNG ). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
COVERRR.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (27 Sept 2011) PERBAIKAN.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (14 SEPT 2011).pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (14 Sept 2011).pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bimbingan dan Konseling di sekolah dapat dikatakan baik dan berkualitas tentu tidak terlepas dari manajemen, yang menjadi tuntutannya diperlukan orang-orang yang profesional dibidangnya yang mampu bekerja sama dengan orang-orang yang terlibat langsung dalam bimbingan dan konseling dapat mengembangkan dan memajukan dengan penuh rasa tanggung jawab. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan program bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Atas Yayasan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kayuagung, bagaimana pelaksanaan program bimbingan dan konseling di Menengah Atas Yayasan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kayuagung dan bagaimana evaluasi program bimbingan dan konseling di Menengah Atas Yayasan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kayuagung. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui program perencanaan bimbingan dan konseling di Menengah Atas Yayasan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kayuagung, untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan dan konseling di Menengah Atas Yayasan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kayuagung dan untuk mengetahui evaluasi terhadap bimbingan dan konseling di Menengah Atas Yayasan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kayuagung, data yang diperlukan dalam penelitian ini digali melalui beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, maka kegiatan data yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif yaitu proses pelacakan dan pengaturan secara sistematis baik wawancara, catatan lapangan dan bahan-bahan lain yang dikumpulkan secara valid sehingga analisis data dalam penelitian kualitatif berbentuk deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: perencanaan bimbingan dan konseling di Menengah Atas Yayasan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tergolong baik, dapat dilihat dari bukti fisik pembuatan program semester dan program tahunan, teknik yang digunakan dalam penyusunan program sesuai dengan format dari Dinas Pendidikan Kab. OKI, dengan melibatkan orang-orang yang dianggap penting dalam hal bimbingan dan konseling, pelaksanaan bimbingan dan konseling di Menengah Atas Yayasan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kayuagung kurang, semua didasarkan pada kurangnya guru Bimbingan dan Konseling, artinya anak asuh yang melebihi dari jumlah yang semestinya, evaluasi dari program bimbingan dan konseling telah berjalan (adanya peningkatan), dan memberikan pelayanan kepada siswa. Faktor pendukung yang mempengaruhi bimbingan dan konseling di Menengah Atas Yayasan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kayuagung tersedianya ruang bimbingan dan konseling yang cukup nyaman, adanya dukungan dari sekolah untuk meningkatkan dan mengembangkan bimbingan dan konseling, sedangkan faktor penghambat, yaitu masalah dana, waktu, dan kurangnya guru bimbingan dan konseling yang tidak sesuai dengan jumlah anak asuh. Disamping hal tersebut para guru yang tugasnya bercabang (mengajar ditempat lain) tidak tetap.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:35
Last Modified: 09 Jan 2020 07:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5428

Actions (login required)

View Item View Item