PERBANDINGAN PERISTIWA SEBELUM DAN SESUDAH PEMILU LEGISLATIF 2014 TERHADAP HARGA SAHAM (Event Study pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index) (Skripsi)

Fitriani, Shintya Dewi Trisna (2016) PERBANDINGAN PERISTIWA SEBELUM DAN SESUDAH PEMILU LEGISLATIF 2014 TERHADAP HARGA SAHAM (Event Study pada perusahaan yang listing di Jakarta Islamic Index) (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Sintya Dewi Trisna Fitriani_FebEkoIsl.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Kegiatan jual beli efek terutama di bursa saham tidak lepas dari pengaruh lingkungan ekonomi dan non-ekonomi dimana pemilihan umum (peristiwa politik) termasuk di dalamnya. Dalam lingkungan politik, peristiwa politik erat kaitannya dengan stabilitas politik suatu negara. Kondisi politik yang stabil cenderung meningkatkan kinerja ekonomi. Penelitian ini merupakan sebuah studi peristiwa yang bertujuan untuk menemukan bukti empiris ada tidaknya reaksi pasar modal Indonesia khususnya di JII terhadap peristiwa politik yang terjadi di dalam negeri, yaitu pemilu legislatif 9 April 2014. Sampel yang digunakan sebanyak 30 perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index. Penelitian ini menggunakan data harga saham (closing price) 10 hari sebelum pemilu legislatif 2014 dan 10 hari sesudah pemilu legislatif 2014 dan pengujian yang dilakukan menggunakan analisis statistik Paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan harga saham sebelum dan sesudah pemilu legislatif 2014 yang artinya pemilu legislatif 2014 mempengaruhi pergerakan harga saham-saham perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index. Penelitian dengan menggunakan event study pada peristiwa pemilu legislatif 2014, menunjukkan bahwa peristiwa ini memiliki kandungan informasi (information content) yang menyebabkan pelaku pasar bereaksi terhadap peristiwa tersebut. Dalam penelitian ini peristiwa pemilu legislatif 2014 dipandang sebagai informasi yang membawa kabar baik (good news).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: harga saham, pemilu legislatif 2014, event study, Jakarta Islamic Index.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 11 May 2016 07:22
Last Modified: 11 May 2016 07:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item