PENGELOLAAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KOTA PALEMBANG

MEIDI, MEIDI (2019) PENGELOLAAN MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I-converted.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Pengelolaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Kota Palembang”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh lemahnya koordinasi di antara sesama pengurus MGMP sehingga kepengurusan menjadi tidak solid, kurang terprogramnya kegiatan seolah-olah tidak memiliki perencanaan yang baik sehingga tidak seperti adanya frekuensi kegiatan rutin, kurang pekanya pengurus terhadap isu-isu baru kependidikan, dan bagaimana pengelolaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) di kota Palembang serta faktor pendukung serta penghambat pengelolaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) di kota Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan MGMP PAI di Kota Palembang dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pengelolaan MGMP PAI di Kota Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yang diharapkan dapat memberi gambaran dari tempat penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Ketua MGMP PAI kota Palembang sedangkan informan pendukung ialah Bendahara, Sekretaris, dan anggota MGMP PAI kota Palembang. Untuk teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun hasil penelitian bahwa: 1) Pengelolaan MGMP PAI di Kota Palembang belum dikatakan belum maksimal, karena masih banyak masalah-masalah yang terjadi dalam hal perencanaan program yang dilakukan pada awal semester atau pertemuan satu bulan sekali, namun masih ada pengurus dan anggota yang tidak berperan aktif dalam diskusi analisis kebutuhan guru yang akan menjadi patokan perencanaan program, demikian juga dengan pelaksanaan program karena tidak ketersediaanya sarana dan prasarana, serta dana yang hanya bergantung pada Kementerian Agama Pusat, sedangkan evaluasi program hanya sebatas laporan pertanggungjawaban kegiatan yang dilaksanakan jika mendapatkan dana dari Kementerian Agama Pusat. 2) Faktor yang mendukung MGMP PAI di Kota Palembang yaitu pengurus yang selalu berusaha mengadakan program kegiatan, sedangkan faktor yang menghambat diantaranya adalah masalah waktu, sarana dan prasarana, dana, dan kurangnya motivasi diri untuk berperan aktif untuk mengikuti kegiatan-kegiatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, dan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 08 Jan 2020 08:43
Last Modified: 08 Jan 2020 08:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5444

Actions (login required)

View Item View Item