UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK AUTIS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) AUTIS BINA MANDIRI PALEMBANG

AGUSTINA, LUSI (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK AUTIS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB) AUTIS BINA MANDIRI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan di sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah motivasi belajar siswa. Karena motivasi merupakan dorongan yang diberikan kepada individu (siswa) untuk melaksanakan pembelajaran. Motivasi dalam belajar berperan sebagai usaha yang mendorong siswa agar mau belajar, dalam kegiatan belajar mengajar, guru merupakan orang pertama yang harus menyadari kedudukannya sebagai motivator, karena salah satu tugas guru adalah menggali motivasi dan menambahkan prestasi belajar pada siswa. Dengan demikian motivasi dalam belajar berperan sebagai usaha yang mendorong siswa agar mau belajar, dalam kegiatan belajar mengajar, guru merupakan orang pertama yang harus menyadari kedudukannya sebagai motivator, karena salah satu tugas guru adalah menggali motivasi dan menambahkan prestasi belajar pada siswa. Hal ini akan mendorong kemampuan peserta didik untuk hidup berani di tengah meningginya tingkat kompetisi masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar anak autis di SDLB Autis Bina Mandiri Palembang? Bagaimana respon siswa terhadap upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak autis di SDLB Autis Bina Mandiri Palembang? Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak autis di SDLB Autis Bina Mandiri Palembang? Skripsi ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas V dan guru damping siswa kelas V. Pemilihan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian tersebut maka dapat diperoleh kesimpulan yaitu: 1) ada beberapa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu, pada proses pembelajaran guru menggunakan prinsip social dan menciptakan suasana lingkungan yang menyenangkan, guru memberi nilai Setiap kali Selesai mengerjakan tugas, guru memberikan hadiah bagi siswa yang berprestasi, guru memberikan tugas dan materi belajar disesuaikan dengan Tingkat Kemampuan anak, dan guru memberikan teguran dan hukuman kepada Siswa yang berbuat tidak baik. 2) adanya respon siswa yang positif dengan adanya upaya yang guru lakukan dalam memotivasi belajar. 3) Faktor yang mendukung guru untuk memotivasi belajar anak autis, yaitu adanya kemampuan guru dalam mengelola kelas dan media belajar yang mendukung. Adapun faktor penghambatnya, sulitnya guru dalam memami prilaku anak yang berubah Secara Spontan, serta terbatasnya komunikasi orang tua dengan pihak sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR ANAK AUTIS, SEKOLAH DASAR LUAR BIASA (SDLB)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 08 Jan 2020 08:43
Last Modified: 08 Jan 2020 08:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5445

Actions (login required)

View Item View Item