KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA PALEMBANG ( Studi kasus kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 21 Palembang) (2013)

M., Qosim (2020) KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DISEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA PALEMBANG ( Studi kasus kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 21 Palembang) (2013). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
tesis.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sering kita bicarakan tentang kinerja, sebab kinerja akan mempengaruhi daripada tujuan yang akan dicapai oleh seseorang, apabila kinerjanya baik berarti tujuan yang diharapaknnya akan tercapai pula. Kinerja individu adalah bagaimana seseorang melaksanakan tugas pekerjaannya atau untuk kerja. Jadi untuk melihat kinerja seseorang kita dapat melihat dari apa-apa yang ia kerjakan dan bagaimana dia melaksanakan pekerjaan itu. Pentingnya kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam rangka mencapai tujuan pendidikan dipandang perlu saya sampaikan asumsi sementara atau praduga sementara bahwa kinerja guru golongan III lebih baik dan aktif dalam rangka pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Palembang dengan indikatornya adalah: 1.masih memiliki semangat yang tinggi karena baru menjadi pegawai, 2.masih bersemangat tinggi dalam pelaksanaan pembelajaran, 3.lengkapnya segala administrasi dan persiapan pengajaran dan, 4.aktif dalam kehadiran. Sementara guru golongan IV sudah menurun dan kurang aktif dalam proses pembelajaran dengan indikatornya adalah: 1.timbul kejenuhan dalam bekerja, 2.kurang semangat dalam pelaksanaan pembelajaran, 3.tidak lengkapnya administrasi dan persiapan mengajar dan, 4.kehadirannya kurang. Guru yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Palembang khususnya SMAN 6 dan SMAN 21 yang dilihat dari golongan dan kepangkatannya sebagai pegawai yaitu golongan III dan golongan IV. Bila dilihat dari golongan guru Pendidikan Agama Islam yang golongan III berjumlah 4 orang dan yang golongan IV ada 5 orang, sehingga jumlahnya ada 9 orang guru Pendidikan Agama Islam. Sementara factor yang mempengaruhi kinerja guru PAI golongan III dan glongan IV adalah berasal dari factor dari dalam dan factor dari luar diri guru yang bersangkutan. Untuk dapat melihat kinerja guru golongan III dan golongan IV, maka penulis sampaikan pertanyaan wawancara yang berhubungan dengan kinerja guru, baik dari pembuatan persiapan mengajar, pelaksanaan proses belajar mengajar, melaksanakan dan mempersiapkan penilaiaan maupun mengadakan bimbingan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. Untuk guru golongan IV masih ada sebagian yang belum lengkapnya persiapan dan segala sesuatunya. Sementara untuk guru golongan III baik dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan bimbingan semuanya sudah lengkap dan baik. Factor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru baik golongan III maupun golongan IV di SMAN Kota Palembang khususnya SMAN 6 dan SMAN 21 diantaranya adalah: 1.kepemimpinan kepala sekolah, 2.fasilitas kerja, 3.harapan-harapan, 4.kepercayaan personalia sekolah. Selain itu ada juga factor individu tenaga kerja yang bersangkutan diantaranya:1.kemampuan mereka, 2.motivasi, 3.dukungan yang diterima, 4.keberadaan pekerjaan yang mereka lakukan, 5.hubungan mereka dengan organisasi. Sementara criteria dalam bekerja adalah:1.kualitas kerja, 2.kuantitas kerja, 3.ketepatan waktu, 4.efektifitas kerja, 5.kemandirian, 6.komitmen kerja. Jadi dapat dikatakan bahwa kinerja guru golongan III dan IV pada sekolah yang menjadi tempat penelitian tidak terjadi perbedaan kinerjanya, baik dari persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di sekolah maupun evaluasi pembelajaran serta dalam pelaksanaan bimbingan dan pendekatan dengan siswa di sekolah. Yang membedakan hanyalah bahwa guru golongan IV sebagian besar selain bertugas mengajar juga memiliki tugas tambahan yaitu sebagai wakil kepala sekolah, kepala laboratorium dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:32
Last Modified: 09 Jan 2020 07:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5475

Actions (login required)

View Item View Item