PERANAN PENGAWAS KEMENTERIAN AGAMA KOTA PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 2 MODEL PALEMBANG

JUNAIDI, JUNAIDI (2020) PERANAN PENGAWAS KEMENTERIAN AGAMA KOTA PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 2 MODEL PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
0. halaman judul s.d abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Bab1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. bab 2.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 5.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berlatar belakang posisi pengawas madrasah yang memiliki peranan strategis dan legalitas dalam meningkatkan mutu madrasah, namun hasil observasi awal rendahnya peranan pengawas dalam peningkatan mutu. Tujuan utama penelitian ini adalah: menggali dan mengetahui peranan pengawas Kementerian Agama Kota Palembang dalam meningkatkan mutu pendidikan MTsN 2 Model Palembang, dan menemukan kendala yang dihadapi . Metodelogi penelitian meliputi: jenis penelitian deskriptif kualitatif, sumber data meliputi: data primer dan data sekunder, sabjek penelitian meliputi 4 orang pengawas, Kepala Madrasah, Kepala Tata Usaha 2 orang staf tata usaha, 4 orang Wakil Kepala Madrasah dan 44 guru, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan teknik mengelola data dengan cara mengorganisasikan dan mengurutkan data kedalam pola, katagori dan uraian dasar sehingga adapat dirumuskan hipotisis sesuai yang dituntutan dalam penelitian kualitatif. Hasil yang ditemukan: Pengawas Kementerian Agama Kota Palembang telah melaksanakan peranannya dalam tugas kepengawasan namun belum maksimal. Peranan pengawas (1) Menyusunan program pengawasan dilakukan dengan kerja kelompok (2) Pembinaan dan pengembangan madrasah dilakukan melalui: menyusun program kerja madrasah, pembinaan madrasah sehat berbasis Adiwiyata, melaksanakan workshop (3) Pembinaan, pembimbingan, dan pengembangan profesi guru dilaksanakan melalui kegiatan supervisi (4) Pemantauan penerapan Standar Nasional Pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan istrumen daftar isian yang memuat indikator skala 5 (5) Penilaian hasil pelaksanaan program pengawasan dilakukan pada setiap akhir program semester dengan metode persentasi dan diskusi kelompok dengan teknik analisis SWOT (6) Pelaporan pelaksanaan tugas kepengawasan dilakukan secara lisan kepada seluruh stakeholder madarasah dan tertulis disusun secara sistimatis ditujukan kepada Kementerian Agama Kota Palembang. Kendala yang dihadapi pengawas: (1) Tidak seimbang rasio pengawas yang ada dengan jumlah guru binaan. (2) Kompetensi pengawas kurang memadai (3) Minimnya waktu kunjungan. Rekomendasi penulis; Hendaknya instansi terkait agar selektif dalam merekrut tenaga pengawas dengan mempertimbangan kualifikasi dan kompetensi, memprogram beasiswa bagi pengawas yang sudah diangkat untuk peningkatan kualifikasi, memberikan pelatihan kepengawasan secara berkala sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan dan kepada perguruan tinggi khususnya Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang p

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:32
Last Modified: 09 Jan 2020 08:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5485

Actions (login required)

View Item View Item