KARMILA, MILA (2019) PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBELAJARAN VIRUS DI KELAS X MAN 2 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I (Hal 1-6).pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V (Hal 66).pdf Download (6kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini yang berjudul Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pembelajaran Virus Di Kelas X Man 2 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode simulasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pembelajaran virus kelas X MAN 2 Palembang. Desain penelitian ini menggunakan the nonrandomized control group pretest-posttest design dengan metode Eksperimen Semu (quasi eksperiment). Sampel penelitian berjumlah 78 siswa. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Simulasi lebih baik dari pada pembelajaran ceramah. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji hipotesis dengan (uji-t) menunjukkan sebesar 4,106 > 1,991, artinya thitung lebih besar dari ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis peningkatan rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen mencapai 75,25% sedangkan peningkatan rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik di kelas kontrol 63,03% artinya hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Sehingga, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran Simulasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di MAN 2 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Simulasi, Hasil Belajar, Virus |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 08:27 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 08:27 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5486 |
Actions (login required)
View Item |