PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU PADA MAN ARAHAN KECAMATAN MERAPI KABUPATEN LAHAT

SUMILA, SUMILA (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU PADA MAN ARAHAN KECAMATAN MERAPI KABUPATEN LAHAT. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
Halaman depan sumila baru.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
tesis 1.2.5 baru baru.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul ” PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU PADA MAN ARAHAN KECAMATAN MERAPI KABUPATEN LAHAT”, merupakan tesis Program Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru, mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap kinerja guru, mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Penelitian dilakukan terhadap guru MAN Arahan di Kabupaten Lahat dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah guru MAN Arahan yang berjumlah 35 orang. Jadi semua guru MAN Arahan dijadikan sebagai responden penelitian. Penelitian menggunakan intrumen yang berbentuk angket untuk mengukur masing-masing variabel : (1) Kepemimpinan Kepala Madrasah, (2) motivasi berprestasi guru, (3) kinerja guru, yang dikembangkan menjadi masing-masing 24, 20 dan 26 butir kuesioner. Untuk menganalis kontribusi setiap independent variables terhadap dependent variable menggunakan analisis regresi Linier berganda. Uji F dan uji t digunakan untuk menguji tingkat signifikansi independent variables terhadap dependent variable baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Untuk mengetahui independent variables mana yang paling banyak memberikan kontribusi dapat membandingkan besar nilai koefisien regresi antara variabel kepemimpinan dan variabel motivasi. Sedangkan untuk mengetahui fenomena dari masing-masing variabel digunakan deskriptif analitik yang didasarkan pada tabel dan juga hasil wawancara terhadap responden. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala Madrasah memiliki pengaruh yang positip terhadap kinerja para guru. Kepemimpinan yang baik dan tepat membuat para guru nyaman dalam bekerja serta giat dalam menjalankan tugas yang diberikan kepada mereka. Demikian juga, motivasi memiliki pengaruh terhadap kinerja guru. Bila guru memiliki motivasi yang tinggi, maka kinerja yang mereka tunjukkan dalam bekerja juga baik. Hasil ini dapat dilihat dari nilai uji t yang menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan dari kepemimpinan kepala madrasah dan motivasi berprestasi secara sendiri-sendiri terhadap kinerja guru. Pada uji F diperoleh nilai P (signifikansi) sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.05. Ini berarti pengaruh kepemimpinan kepala Madrasah dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru secara bersama-sama adalah signifikan pada taraf nyata 5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 09 Jan 2020 08:31
Last Modified: 09 Jan 2020 08:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5488

Actions (login required)

View Item View Item