PERBANDINGAN SISTEM KARTU KREDIT SYARI’AH DAN KONVENSIONAL (STUDI PERBANDINGAN BNI SYARI’AH DAN BNI JEMBATAN AMPERA CABANG PALEMBANG) (Skripsi)

Ainun Gumay, Cut Siti (2016) PERBANDINGAN SISTEM KARTU KREDIT SYARI’AH DAN KONVENSIONAL (STUDI PERBANDINGAN BNI SYARI’AH DAN BNI JEMBATAN AMPERA CABANG PALEMBANG) (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cut Siti Ainun Mardhiah Gumay_FebEkoIsl.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Sejak tahun 2000-an perbankan syari’ah di Indonesia semakin berkembang pesat. Perkembangan tersebut diiringi dengan munculnya inovasi berupa kartu kredit yang berbasis syari’ah. Meski sudah kita ketahui kartu kredit syari’ah tidak ngenggunakan sistem bunga namun tetap saja tidak bisa melebihi jumlah pengguna kartu kredit konvensional. Sedikitnya pengetahuan tentang kartu kredit yang berbasis syari’ah membuat masyarakat menyatakan bahwa kartu kredit syari’ah dan kartu kredit konvensional itu sama dan yang membedahkannya hanya istilah yang digunakan. Maka dari itu penulis memilih membahas tentang perbandingan sistem kartu kredit syari’ah dan konvensional. Sehingga bisa dijadikan sebagai pengetahuan bagi masyarakat yang ingin membuat kartu kredit dan bahan pertimbangan bagi yang ingin mengganti kartu kredit konvensional ke kartu kredit syari’ah ataupun sebaliknya. Untuk mengetahui perbandingan sistem kartu kredit syari’ah penulis menggunakan metode kualitatif yang mengelolah data yang bersumber dari data primer yaitu interview secara langsung kepada pihak BNI Jembatan Ampera dan BNI Syari’ah Cabang Palembang. Kartu kredit syari’ah dan konvensional memiliki persamaan dalam proses pembuatan kartu kredit, kriteria persyaratan yang ditentukan sebagai calon pengguna kartu serta dokumen yang diperlukan saat pengajuan permohonan penerbitan katu dan fasilas pelayanan yang ditawarkan, tetapi sangat bebeda dalam penentuan biaya-biaya yang di bebankan kepada pemegang kartu. Ini dikarenakan kartu kredit syari’ah menentukan biaya bukan hanya sesuai dengan Undang-undang perbankan yang berlaku dan harga pasaran tetapi berlandaskan hukum syariah yang masih mengutamakan kemashalahatan bersama.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perbandingan. Kartu kredit konvensional, kartu kredit Syari’ah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 11 May 2016 08:05
Last Modified: 11 May 2016 08:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item