WAWANTORO, WAWANTORO (2020) KONTRIBUSI KOMITMEN DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU PADA PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH DI KECAMATAN TULUNG SELAPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATERA SELATAN. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
Halaman Judul (2).pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I..pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II..pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V (10).pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis ini berjudul “kontribusi komitmen dan motivasi kerja terhadap produktivitas kerja guru pada Pondok Pesantren Al-Ishlah di Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Hal ini dilatarbelakangi oleh pencapaian sebuah tujuan dalam sekolah tidak hanya dengan manajemen serta kurikulum yang harus terencana, namun dalam sebuah sekolah halpaling penting yang harus diperhatikan adalah factor sumber daya manusia yaitu guru. Dimana setiap guru dituntut untuk memiliki komitmen serta motivasi kerja yang tinggi untuk melaksanakan pencapaian tujuan sekolah yakni produktivitas kerja guru yang berdampak pada mutu pendidikan yang berkualitas. Penelitian dalam tesis ini menggunakan metode korelasioner dengan pendekatan kuantitatif. Adapun alat pengumpul datanya menggunakan metode angket dan obserpasi. Setelah data terkumpul dianalisis menggunakan adalah Perhitungan WMS, Uji normalitas, produc moment, serta analisis korelasi untuk menguji hubungan keterkaitan antara variable komitmen dan variable motivasi kerja terhadap variable produktivitas kerjaguru. Penelitian dalam tesis ini menemukan : (1) Korelasi X1 terhadap Y sebesar 0,508 adalah tergolong cukup kuat, berkontribusi sebesar 25.81% dan sisanya 74,19% ditentukan oleh variable lain. Ternyata t hitung lebih besar dari t tabel, atau 7,535 > 1,658, maka Ho ditolak, artinya ada hubungan yang signifikan antara Kontribusi Komitmen dengan Produktivitas Kerja Guru. Kesimpulannya terbukti ada hubungan yang signifikan antara Kontribusi Komitmen dan Produktivitas Kerja Guru. (2) Korelasi X2 terhadap Y sebesar 0,425 adalah tergolong cukup kuat, berkontribusi sebesar 18,06% dan sisanya 81,94% ditentukan oleh variable lain. Ternyata t hitung lebih besar dari t tabel, atau 5,455 > 1,658, maka Ho ditolak, artinya ada hubungan yang signifikan antara Motivasi dengan Produktivitas Kerja Guru. Kesimpulannya terbukti ada hubungan yang signifikan antara Motivasi dan Produktivitas Kerja Guru. (3) Hubungan yang signifikanantara X1, dan X2 secara bersama-sama terhadap Y sebesar 0,53 tergolong cukup kuat. Kontribusi secara simultan r^2 x 100% = 0,532 x 100% = 28,09 dan sisanya 71,91 ditentukan oleh variable lain. Setelah dihitung ternyata F hitung > F tabelatau 17,56 > 3,11, maka tolak Ho dan terima Ha artinya terdapat Hubungan yang signifikan antara Komitmen dan Motivasi Kerja Guru terhadap Produktivitas kerja Guru di Pondok Posantren Al-Ishlah Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Berdasarkan temuan di atas, maka penulis menyarankan kepada peneliti berikutnya untuk memberikan kontribusi pelayanan yang lebih baik bagi seluruh satuan pendidikan, dan khususnya bagi guru Pondok Pesantren Al-Ishlah di Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir secara keseluruhan harus terlibat aktif sesuai dengan tugas dan fungsinya, serta selalu termotivasi untuk menjadi agen perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ishlah. Mengingat sekolah/ Pesantren merupakan suatu lembaga yang bergerak dibidang pendidikan, maka peranan guru sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan, dimana para guru dituntut untuk selalu meningkatkan komitmennya dalam melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya serta memberikan kontribusi yang maksimal dalam upaya mempertahankan pelayanan yang lebih baik bagi kepentingan Pondok Pesantren yakni memberikan lulusan siswa yang berkualitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 07:31 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 07:31 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5493 |
Actions (login required)
View Item |