IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI MA PP AR-RAHMAN PALEMBANG

ALPINA, YULIA (2019) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X DI MA PP AR-RAHMAN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Identifikasi kesulitan belajar siswa pada materi tingkat keanekaragaman hayati telah dilaksanakan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa dalam memahami materi Tingkat Keanekargaman Hayati dan juga untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.A MA PP Ar-Rahman yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes pilihan ganda, kuesioner/ angket, dan observasi. Instrumen tes pilihan ganda bertujuan untuk melihat hasil belajar siswa, pemberian angket bertujuan untuk melihat faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa, dan kegiatan observasi untuk melihat jalannya pembelajaran dikelas yang disesuaikan dengan langkahlangkah pembelajaran yang ada di RPP guru tersebut. Langkah-langkah penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap persiapan (observasi awal dan menyusun teknik pengumpulan data), tahap pelaksanaan (pengambilan data dan pelaksanaan penelitian), dan analisis data. Hasil penelitian diperoleh persentase kesulitan belajar siswa pada materi tingkat keanekaragaman hayati sebanyak 75% siswa mengalami kesulitan belajar dengan kategori kesulitan sedang dan dengan perolehan nilai rata-rata keseluruhan sebesar 43. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi tingkat keanekaragaman hayati terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal yang meliputi diri sendiri sebanyak 49% menjawab Setuju (S), faktor eksternal yang meliputi aspek keluarga 47,5% menjawab Setuju (S), aspek sekolah 45% menjawab Setuju (S), dan aspek masyarakat 30% menjawab Tidak Setuju (S).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Siswa, Materi Tingkat Keanekaragaman Hayati
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 10 Jan 2020 03:30
Last Modified: 10 Jan 2020 03:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5495

Actions (login required)

View Item View Item