ANALISIS PENGARUH TINGKAT PERTUMBUHAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN PERIODE 2004-2013 (Skripsi)

Darussamin, Darussamin (2016) ANALISIS PENGARUH TINGKAT PERTUMBUHAN PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO, TINGKAT PENDIDIKAN DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI SUMATERA SELATAN PERIODE 2004-2013 (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Darussamin_FebEkoIsl.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembangunan nasional adalah meningkatkan kinerja perekonomian agar mampu menciptakan lapangan kerja dan menata kehidupan yang layak bagi seluruh rakyat yang pada gilirannya akan mewujudkan kesejahteraan penduduk Indonesia secara menyeluruh. Begitu juga dengan tujuan pembangunan ditingkat wilayah provinsi atau regional. Salah satu sasaran pembangunan adalah menurunkan tingkat kemiskinan. Kemiskinan merupakan salah satu penyakit dalam ekonomi, sehingga harus disembuhkan atau paling tidak dikurangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pertumbuhan produk domestik regional bruto, tingkat pendidikan, dan tingkat pengangguran terhadap tingkat kemiskinan di provinsi Sumatera Selatan periode 2004-2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Metode deskriptif analisis ditujukan untuk menggambarkan dengan jelas bagaimana pengaruh pertumbuhan produk domestik rgional bruto (PDRB), pendidikan, dan pengangguran terhadap tingkat kemiskinan di provinsi Sumatera Selatan tahun 2004-2013. Sedangkan, pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik provinsi Sumatera Selatan yang dipublikasikan dalam buku “Sumsel Dalam Angka” berbagai tahun terbitan dan BPS Indonesia (bps.go.id) dengan pendekatan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel pertumbuhan PDRB, pendidikan, dan tingkat pengangguran secara bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan di provinsi Sumatera Selatan. Oleh karenanya perkembangan pertumbuhan ekonomi, pendidikan, dan tingkat pengangguran patut menjadi pertimbangan untuk mengatasi masalah kemiskinan. PDRB berpengaruh negatif terhadap kemiskinan, pendidikan berpengaruh negatif terhadap kemiskinan, dan pengangguran berpengaruh positif terhadap kemiskinan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: PDRB, pendidikan, pengangguran, tingkat kemiskinan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 11 May 2016 08:21
Last Modified: 11 May 2016 08:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/550

Actions (login required)

View Item View Item