MANAJEMEN PENDIDIKAN AQIDAH PADA ANAK-ANAK SEBELUM MASA AKIL BALIGH DALAM KELUARGA MUSLIM (Tinjauan Tujuan dan Materi Pelaksanaan)

Ahmad, Qosim (2020) MANAJEMEN PENDIDIKAN AQIDAH PADA ANAK-ANAK SEBELUM MASA AKIL BALIGH DALAM KELUARGA MUSLIM (Tinjauan Tujuan dan Materi Pelaksanaan). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
cover ok (1).pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis Bab 1-5 ba_da ujian tertutup ok.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Abstraksi Tesis ini berjudul ”Manajemen Pendidikan Aqidah Pada Anak-Anak Sebelum Masa Akil Baligh Dalam Keluarga Muslim (Tinjauan Tujuan dan Materi Pelaksanaan)”. Keberadaan aqidah adalah asas untuk membangung Islam pada diri anak, kalau landasannya sudah bagus dan kokoh, maka Islam akan tegak dalam diri anak. Jika ada pernyataan kenapa dewasa ini atau masa yang akan datang anak-anak kita tidak tegak dan kokoh dalam beragamanya, tidak kuat aqidahnya dan banyak pelanggaran-pelanggaran terhadap ajaran agama, atau bahasa sosialnya banyak kenakalan remaja pada anak-anak dan remaja muslim. Kemungkinan yang terjadi kurang kokohnya bangunan pendidikan aqidah atau keimanan terhadap ajaran-ajaran Islam selama sebelumnya. Untuk itu langkah awal yang harus dikerjakan adalah pendidikan aqidah sejak dini. dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya, yang tergabung dalam rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tujuan pendidikan aqidah anak-anak sebelum masa akil baligh di dalam keluarga muslim ? (2) Bagaimana materi pelaksanaan pendidikan aqidah pada anak-anak sebelum masa akil baligh di dalam keluarga muslim ?. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi pendidikan anak-anak sebelum masa akil baligh di dalam keluarga muslim, serta untuk mengetahui secara lebih fokus dan mendalam tentang tujuan pelaksanaan pendidikan aqidah pada anak-anak sebelum masa akil baligh di dalam keluarga muslim. Kegunaan penelitian ini terbagi dua yakni kegunaan teoritis dan praktis Untuk itu, agar kajian dapat dipertanggungjawabkan, maka penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini ditinjau dari tempatnya adalah tergolong penelitian kepustakaan (literature).. Jadi jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, yaitu data yang berupa dokumen dan penjelasan-penjelasan atau keterangan dari berbagai sumber yang berkenaan dengan konsep pendidikan dalam keluarga, perkembangan anak-anak, materi pendidikan aqidah bagi anak-anak, dan tujuan pendidikan aqidah dalam keluarga. Penelitian ini merupakan kategori ”Library Research”. Maka langkah-langkah yang ditempuh dalam pengumpulan datanya adalah mengidentifikasi ayat-ayat dan hadits yang berhubungan dengan topik pendidikan aqidah ini, dilanjutkan dengan pengidentifikasian leteratur-leteratur yang berhubungan dengan topik bahasan ini, kemudian disusun dan dikelompokan sesuai dengan kebutuhan dalam pembahasannya. Untuk itu, agar kajian dapat dipertanggung jawabkan, maka dalam penelitian ini digunakan metode deskripif analitis, yakni menganalisa dan mendeskripsikan temuan-temuan yang didapat. Untuk dibuat kesimpulan secara induktif dan deduktif. Kemudian ditulis dalam bentuk bab yang telah direncanakan. Dari sisi tujuan, bahwa keberhasilan proses pendidikan Islam dalam hal aqidah di keluarga,. Adapun tujuan tersebut secara proses dapat ditentukan adalah pertama, tujuan aqidah bagi muslim adalah (1) aqidah berfungsi sebagai landasan dan acuan seluruh ajaran Islam yang mereka yakini, (2) aqidah sebagai pembentuk atau pemotivasi akan kesalehan umat Islam, (3) aqidah sebagai penyelamat atas keyakinan atau ajaran yang menyimpang, (4) aqidah sebagai penentu keyakinan yang benar atau salah dan penentu muslim atau bukan muslim. Kedua, Tujuan Melaksanakan Pendidikan aqidah bagi orang tua, adalah (1) aqidah dapat menimbulkan optimisme dalam hidup untuk mencari kebutuhan, (2) aqidah dapat menimbulkan sikap disiplin hidup dalam melaksanakan hubungan dengan Allah dan hubungan dengan sesama. Ketiga, tujuan pendidikan aqidah bagi anak-anak adalah (1) anak-anak mengenal dan paham ajaran Islam, (2) anak-anak trampil dan taat beribadah, (3) anak-anak kuat dan kokoh aqidah ke-islamannya. Dari sisi materi, dapat diatur tentang materi pendidikan aqidah anak dalam kandungan, materi pendidikan aqidah anak sejak lahir sampai umur dua tahun, materi pendidikan aqidah anak balita sekitar umur tiga tahun sampai lima tahun, serta materi pendidikan aqidah anak enam sampai baligh atau sekitar umur rata-rata lima belas tahun.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:30
Last Modified: 13 Jan 2020 07:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5507

Actions (login required)

View Item View Item