PELAKSANAAN PROGRAM BUDAYA GEMAR MEMBACA DI MAN 1 (MODEL) LUBUKLINGGAU

PRAMUDYA, MUHAMMAD IRFAN (2019) PELAKSANAAN PROGRAM BUDAYA GEMAR MEMBACA DI MAN 1 (MODEL) LUBUKLINGGAU. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (76kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan program budaya gemar membaca dapat dikatakan salah satu program yang sangat penting yang harus ada pada suatu lembaga pendidikan. Sebab dengan adanya program tersebut maka akan menumbuhkan kembali kecintaan anak-anak peserta didik terhadap membaca. Sehingga para peserta didik memiliki wawasan pengetahuan yang luas, yang tidak hanya mereka dapatkan dari kegiatan belajar mengajar oleh guru saja tetapi dari kegiatan membaca tersebut. Penelitian ini berjudul pelaksanaan program budaya gemar membaca di MAN 1 (Model) Lubuklinggau. Rumusan masalah adalah bagaimana pelaksanaan program budaya gemar membaca di MAN 1 (Model) Lubuklinggau dan apa saja faktor-faktor apa saja pendukung dan penghambat dari pelaksanaan program budaya gemar membaca di MAN 1 (Model) Lubuklinggau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program budaya gemar membaca di MAN 1 (Model) Lubuklinggau, dan apa saja faktor-faktor apa saja pendukung dan penghambat dari pelaksanaan program budaya gemar membaca di MAN 1 (Model) Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan pada penelitian ini adalah waka penjamin mutu, kepala madrasah dan guru pembimbing siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan model Miles dan Hubermen, yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : pelaksanaan program budaya gemar membaca di MAN 1 (Model) Lubuklinggau sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan program ini sendiri sudah berjalan sejak tahun 2014 walaupun di sekolah tersebut telah mengalami beberapa kali pergantian kepala sekolah tetapi program tersebut tetap dilaksanakan hingga saat ini, dan juga dengan munculnya ide-ide untuk terus mengembangkan program ini yang pada awalnya hanya meresume saja namun pola kegiatannya mengalami perubahan pada tahun 2017 yaitu, untuk kelas X tetap meresume buku, kelas XI membuat karya cerpen atau puisi dan kelas XII melakukan kegiatan penelitian sederhana. Faktor pendukung dari pelaksanaan program budaya gemar membaca yaitu jumlah guru pendidik disekolah ini sudah cukup memadai untuk menjadi guru pembimbing bagi siswa/i dan guru-guru tersebut sudah memiliki kemampuan untuk membimbing para siswa dalam menjalankan program ini. Sedangkan faktor penghambat dari pelaksanaan program budaya gemar membaca ini yaitu minimnya jumlah buku yang ada di perpustakaan sekolah yang pada akhirnya cukup menyulitkan siswa, namun dapat diatasi dengan dizinkannya siswa untuk mencari buku ditempat lain asalakan buku tersebut layak untuk dijadikan referensi bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PROGRAM BUDAYA GEMAR MEMBACA
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 10 Jan 2020 04:15
Last Modified: 10 Jan 2020 04:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5509

Actions (login required)

View Item View Item