MAHFUDZ, MAHFUDZ (2020) MANAJEMEN PELAKSANAAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN LUQMANUL HAKIM BATUMARTA OGAN KOMERING ULU TAHUN PELAJARAN 2009-2010. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
DAFTAR ISI (3).pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PERBAIKAN (2).pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II PERBAIKAN (1).pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V (12).pdf Download (78kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam di MTs. Pondok Pesantren Luqmanul Hakim Batumarta (selanjutnya disingkat dengan MTs. PPLH) yang dikaji dalam penelitian ini berangkat dari pemahaman tentang persiapan guru Pendidikan Agama Islam (selanjutnya disingkat dengan PAI) dalam menyusun perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran PAI di dalam kelas, kualifikasi akademik guru PAI, kedisiplinan guru PAI, sarana dan prasarana, situasi lingkungan madrasah, keadaan peserta didik, perpustakaan, dan dana operasional pendidikan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang diawali dengan menyusun perangkat pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik? faktor-faktor apa saja sebagai pendorong dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di dalam kelas? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek atau informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru PAI, dan kepala Tata Usaha yang dilakukan dalam jangka waktu terbatas (selama satu semester). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian kualitatif ini, yang menjadi instrumen utama adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data lebih banyak dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data dan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Manajemen pelaksanaan kurikulum PAI di MTs. PPLH apabila dilihat dari hasil penelitan yang dilakukan oleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, pelaksanaan kurikulum PAI di MTs. PPLH pada aspek penyusunan rencana pembelajaran sudah baik, akan tetapi ada sebagian guru PAI yang tidak membuat perangkat pembelajaran secara utuh, kemampuan guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran sudah baik, apabila dilihat dari RPP, kemampuan membuka pelajaran, sikap guru, penguasaan bahan belajar, metode, alokasi waktu, media pembelajaran, evaluasi atau penilaian, kemampuan menutup kegiatan pembelajaran dan tindak lanjut. Kedua, faktor pendorong, motivasi Kepala Madrasah terhadap guru-guru yang ada, guru-guru PAI memiliki kualifikasi akademik yang sesuai dengan undang-undang guru dan dosen, semua guru telah diberi pelatihan tentang KTSP, hubungan antara guru PAI dengan guru pada mata pelajaran lain adalah baik, sarana dan prasarana yang baik, lingkungan madrasah yang tenang dan nyaman. Ketiga, faktor penghambat, diantaranya: perpustakaan madrasah yang sangat minim dari buku-buku PAI, peserta didik yang memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda, dana operasional madrasah yang minim belum bisa dianggarkan untuk peningkatan mutu guru PAI melalui pendidikan dan pelatihan secara khusus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 07:29 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 07:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5510 |
Actions (login required)
View Item |