DARNELLA, RAHMA (2018) PENERAPAN METODE CONCEPT MAPPING (PETA KONSEP) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK DI MAN 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I .pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (60kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini yang berjudu l Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di MAN 1 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Concept Mapping (Peta Konsep) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Gerak Di MAN 1 Palembang. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design dengan metode Eksperimen Semu (quasi eksperiment). Sampel penelitian berjumlah 58 siswa. Berdasarkan hasil analisis kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Concept Mapping lebih baik dari pada pembelajaran konvensional (metode diskusi). Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji hipotesis dengan (uji-t) menunjukkan sebesar 2,988>2,003, artinya thitung lebih besar dari ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis peningkatan rata-rata ketuntasan indikator kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mencapai 87% sedangkan indikator kemampuan berpikir kritis siswa di kelas kontrol 76% artinya kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran Concpet Mapping berpengaruh terhadap kemampuan berpikiri kritis siswa di MAN 1 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Concept Mapping Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 10 Jan 2020 06:55 |
Last Modified: | 10 Jan 2020 06:55 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5520 |
Actions (login required)
View Item |