IMPLEMENTASI STANDAR MUTU SARANA PRASARANA BERBASIS AKREDITASI DI SMP ISLAM AZ-ZAHRAH 2 PALEMBANG

SAMOSIR, DEVRANSYAH (2019) IMPLEMENTASI STANDAR MUTU SARANA PRASARANA BERBASIS AKREDITASI DI SMP ISLAM AZ-ZAHRAH 2 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Devransyah Samosir. “Implementasi Standar Mutu Sarana Prasarana Berbasis Akreditasi di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang”. Skripsi, Palembang: Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang, 2019. Latar belakang penelitian ini, persaigan global dan tuntutan kualitas pendidikan atau mutu pendidikan yang baik merupakan suatu hal yang harus dihadapi oleh setiap lembaga pendidikan. Maka dari hal tersebut lembaga pendidikan harus mampu menganalisis atau mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang akan dihadapi oleh lembaga pendidikan tersebut kemudian membuat rencana strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana implementasi standar mutu sarana prasarana berbasis akreditasi di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang, (2) mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi standar mutu sarana prasarana berbasis akreditasi di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang melalui pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, agar hasil penelitian tersusun sistematis maka langkah-langkah penelitian dalam menganalisis data adalah pertama, dengan memilih hal-hal pokok dalam dan memfokuskan kepada hal yang penting, kedua menyajikan data dalam bentuk uraian singkat, tabel dan sejenisnya, ketiga menarik kesimpulan untuk menjawab rumusan masalah sejak awal. Hasil penelitian menyatakan bahwa, Implementasi Standar Mutu Sarana Prasarana Berbasis Akreditasi di SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang sudah cukup memenuhi standar yang diatur Permendiknas No 24 Tahun 2007 di lengkap dengan berbagai penunjang, SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang memperoleh nilai akhir Akreditasi 94, SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang memperoleh nilai kompetensi standar sarana dan prasarana 93, dan tidak ada nilai kompetensi standar nilai di bawah 50. SMP Islam Az-Zahrah 2 palembang di nyatakan “Terakreditasi” peringkat akreditasi A (unggul), dengan nilai akhir 94 (amat baik). Faktor pendukung implementasi standar mutu sarana dan prasarana SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang adalah adanya kerja sama yang baik, administrasi atau inventarisasi yang baik, pemeliharaan secara berkala, ketersediaan siswa yang memadai, dan juga dana Faktor penghambat implementasi standar mutu sarana dan prasarana SMP Islam Az-Zahrah 2 Palembang adalah keterbatasan dana, rendahnya kesadaran sebagian guru, dan Gedung atau ruangan yang digunakan untuk menyimpan sarana yang akan di adakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: STANDAR MUTU SARANA PRASARANA BERBASIS AKREDITASI
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Jan 2020 03:35
Last Modified: 13 Jan 2020 03:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5558

Actions (login required)

View Item View Item