SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS EVALUASI DIRI PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR (2014)

AIDIL, FITRI (2020) SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS EVALUASI DIRI PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR (2014). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
TESIS Aidil Fitri Oke.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS EVALUASI DIRI PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 TANJUNG BATU KABUPATEN OGAN ILIR Tesis ini berjudul “Supervisi Akademik Berbasis Evaluasi Diri pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir”. Hal ini dilatarbelakangi bahwa dalam rangka meningkatkan performansi atau kemampuan guru PAI dalam menjalankan tugas mengajarnya agar dapat memperbaiki atau meningkatkan proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, maka perlu adanya aktifitas pembinaan dan bimbingan profesional terhadap guru melalui pelaksanaan supervisi akademik di sekolah. Adapun masalah pokok dalam penelitian ini adalah pelaksanaan supervisi akademik yang seharusnya dilakukan oleh pengawas PAI belum terlaksana dengan baik, dikarenakan kuantitas pengawas PAI yang tidak efektif, ideal dan seimbang dengan sekolah binaan, sehingga pelaksanaan supervisi akademik berbasis evaluasi diri menjadi pilihan dan srategi yang dilakukan oleh kepala sekolah pada guru PAI di SMAN 1 Tanjung Batu, dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut. Sehingga tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis secara mendalam (1) pelaksanaan supervisi akademik berbasis evaluasi diri pada guru PAI di SMA Negeri 1 Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir, dan (2) faktor-faktor pendukung dan pemhambat dalam pelaksanaan supervisi akademik berbasis evaluasi diri pada guru PAI di SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan tehnik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah itu dilakukan analisis data dengan menggunakan tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian dalam tesis ini, menemukan bahwa pelaksanaan supervisi akademik berbasis evaluasi diri yang dilakukan oleh kepala sekolah kepada guru PAI merupakan bagian dari salah satu bentuk kepengawasan tidak langsung sebagai upaya mengatasi keterbatasan pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas PAI. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti dapat merekomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat menemukan belbagai bentuk kepengawasan tidak langsung lainnya, sebagai solusi dan alternatif akan tidak efektifnya pengawas PAI dalam melaksanakan supervisi akademik di sekolah binaannya. Sedangkan bagi kepala SMAN 1 Tanjung Batu, dapat memaksimalkan pelaksanaan supervisi akademik berbasis evaluasi diri di sekolah. Juga dapat menjadi acuan dalam pelaksanaan supervisi di sekolah lainnya, dan bahan pertimbangan lainnya dalam melakukan pembinaan dan pelatihan bagi stakeholder yang terkait, pengawas PAI dan dinas/lembaga terkait.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 13 Jan 2020 07:31
Last Modified: 13 Jan 2020 07:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5565

Actions (login required)

View Item View Item