MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH PETANG DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM SERI BANDUNG OGAN ILIR

AL-ANWARI, M FATHIR (2019) MANAJEMEN KURIKULUM SEKOLAH PETANG DI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM SERI BANDUNG OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang manajemen kurikulum yang terfokus pada proses evaluasi manajemen kurikulum yang ada di Sekolah Petang Pondok Pesantren Nurul Islam Seribandung. Ogan Ilir. Berdasarkan hasil observasi, bahwa Pondok Pesantren Nurul Islam menerapkan sistem pembelajaran yang disebut Sekolah Petang pada santri tingkat Madrasah Tsanawiyah kelas VII dan VIII. Sedangkan dalam perjalanannya Pondok Pesantren minim sekali melakukan perubahan atau mengembangkan kurikulum pembelajaran Sekolah Petang hal ini merupakan indikator kurang efektivnya penerapan evaluasi manajemen kurikulumnya. Oleh karena itu, kami tertarik meneliti dan mencari tahu bagaimana penerapan evaluasi manajemen kurikulum yang diterapkan di Sekolah Petang Pondok Pesantren Nurul Islam tersebut dan apakah Faktor Pendukung dan Penghambatevaluasi manajemen kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan sebenarnya dari fenomena objek yang diteliti. Adapun yang menjadi tolak ukur bagaimana evaluasi manajemen kurikulum Sekolah Petang dan apa faktor pendukung dan penghambat evaluasi manajemen kurikulum adalah hasil wawancara, observasi, dokumentasi dan trianggulasi yang mendeskripsikan bagaimana evaluasi manajemen kurikulum Sekolah Petang serta faktor pendukung dan penghambat evaluasi manajemen kurikulum. Hasil dari penelitian yang dilakukan, yaitu evaluasi manajemen kurikulum yang dilakukan di sekolah petang pondok pesantren Nurul Islam Seri Bandung masih dilakukan belum efektiv yakni evaluasi dilakukan dengan tidak berdasarkan tahapan-tahapan yang ada. Dalam mengevaluasi kurikulum yang tidak dilakukan secra langsung oleh kepala sekolah dengan fungsi supervisiornya, dan hanya menerima laporan dari guru berupa buku kemajuan kelas, dan pada evaluasi sumatif pihak sekolah tidak mengadakan secara langsung melainkan dengan melihat hasil dari Musabaqoh Qiroatul Kutub yang sering dilaksanakan baik tingkat kabupaten provinsi dan Nasional yang dijadikan sebagai tolak ukur jangka panjang dalam penentuan kebijakan pengembangan kurikulum. Adapun faktor pendukung evaluasi manajemen kurikulum adalah, kemampuan ustadz tidak diragukan karena merupakan alumni pesantren, koperatifnya para ustadz dalam memberikan laporan rutin kepada kepala Madrasah,dan masyarkat sekita Pesantren yang masih memiliki kepedulian terhadap pesantren yang turut serta memberikan masukkan untuk kebaikan pesantren itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang lengkapnya dokumen kurikulum, sekolah petang yang masih menggunakan sistem salafiyah dan tidak adanya pemberu dari formula kurikulum yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: proses evaluasi manajemen kurikulum faktor pendukung dan penghambat proses evaluasi manajemen kurikulum.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Jan 2020 08:42
Last Modified: 13 Jan 2020 08:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5572

Actions (login required)

View Item View Item