MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU MADRASAH ALIYAH BERBASIS PESANTREN

DEDI, ARIANTO (2020) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU MADRASAH ALIYAH BERBASIS PESANTREN. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
DISERTASI DEDI ARIANTO.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dedi Arianto, 2019. Judul Disertasi: Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren di OKU Timur. Program doktor Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Madrasah Aliyah berbasis Pesantren adalah bagian penting dari sistem pendidikan Nasional. Persoalan yang mendasar yang dihadapi Madrasah Aliyah berbasis Pesantren secara umum adalah terkait dengan manajemen mutu pendidikan yang meliputi 8 Standar Nasioanal Pendidikan. MA Subulussalam 2 Sriwangi Ulu dan MA Nurussalam Sidogede merupakan lembaga pendidikan Madrasah Aliyah berbasis pesantren di OKU Timur yang memiliki keunggulan berbagai aspek dan bisa dijadikan rujukan mutu bagi Madrasah yang lainnya. Dalam penelitian ini dikaji manajemen mutu Madrasah Aliyah berbasis pesantren dari tiga standar yaitu: Standar Isi, Standar Proses dan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan field Research, dengan metode kualitatif pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah Madrasah Aliyah Berbais Pesantren di OKU Timur diantaranya: MA Subulussalam 2 Sriwangi Ulu dan MA Nurussalam Sidogede. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dukumentasi dan untuk mengecek keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian Manajemen Peningkatan Mutu Madrasah Berbasis Pesantren di OKU Timur memiliki berbagai kesamaan terkait dengan standar isi, standar proses dan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Untuk standar isi perencanaannya dimulai dari Pembentukan TIM Pengembang Kurikulum Madrasah, perumusan kerangka dasar kurikulum berdasarkan landasan filosofis, yuridis dan teoritis, penyusunan struktur kurikulum dan standar kompetensi berdasarkan kurikulum Nasional. Seluruh perencanaan standar isi tersebut diimplementasikan dalam bentuk perumusan visi, misi, tujuan dan program Madrasah. Perencanaan standar proses dimulai dari penyusunan silabus, RPP, bahan ajar dan alat evaluasi yang dilakukan oleh guru. Pelaksanaan standar proses yang dilakukan vi oleh guru dalam rangka mengimplementasikan standar isi dan seluruh rencana pembelajaran. Evaluasi proses dilakukan oleh guru meliputi evaluasi perencanaan proses yang sudah dibuat, evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar. Perencanaan standar pendidik dan tenaga kependidikan dilakukan untuk memenuhi kuantitas dan kualitas tenaga pendidik melalui rekrutmen dan seleksi. Selanjutnya melakukan evaluasi pada pendidik sehingga diperoleh data jumlah guru yang memenuhi standar minimal, guru yang lulus uji kompetensi, guru bersertifikat dan guru yang menguasai teknologi, sedangkan dampak manajemen peningkatan mutu madrasah aliyah berbasis pesantren terhadap produk Madrasah Aliyah berbasis pesantren adalah Madrasah Aliyah berbasis pesantren mendapat nilai akreditasi A, ujian nasional lulus 100%, Siswa-siwi memiliki kemampuan bahasa Arab dan Bahasa Inggris serta bisa membaca kitab kuning, keimanan dan ketaqwaan siswa-siswi meningkat, Sebagian alumni diterima diperguruan tinggi timur tengah pada tahun 2017 berjumlah 12 siswa. kepercayaan masyarakat terhadap Madrasah Aliyah berbasis pesantren meningkat dengan dibuktikan jumlah pendaftar santri baru secara signifikan mengalami peningkatan, kompetensi pendidik dan kependidikan meningkat yang akhirnya berdampak pada prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Peningkatan Mutu, Madrasah Aliyah, Berbasis Pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 14 Jan 2020 06:20
Last Modified: 14 Jan 2020 07:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5599

Actions (login required)

View Item View Item