RELEVANSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUL HIDAYAH PALEMBANG

RUSMAWATI, RUSMAWATI (2020) RELEVANSI PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) NURUL HIDAYAH PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
RUSMAWATI.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Guru merupakan tokoh sentral dalam proses pendidikan merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki kompetensi guna mendukung pelaksanaan tugas kependidikannya. Pendidik sebagai fasilitator harus berusaha menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif, mengembangkan bahan pelajaran yang meningkatkan kemampuan siswa untuk menyimak ataupun menyerap pelajaran sehingga menguasai tujuan-tujuan pendidikan yang harus mereka capai. Perencanaan pembelajaran adalah salah satu faktor penentu keberhasilan dalam belajar mengajar. Dengan adanya perencanaan pembelajaran yang baik dan matang, maka sudah barang tentu perilaku belajar siswa akan berkembang dengan baik, artinya apabila perencanaan dikemas dengan baik dan matang, maka siswa akan aktif. Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tidak dapat diraih secara kebetulan namun semuanya tidak lepas dari proses perencanaan. Relevansi yang dikaji dalam penelitian ini berangkat dari pelaksanaan pembelajaran PAI di dalam kelas yang diawali dengan persiapan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran sebagai rencana tertulis yang wajib dibuat oleh guru PAI. Masalah utama yang diteliti adalah deskripsi perencanaan pembelajaran PAI yang dibuat oleh guru PAI, relevansi antara perencanaan pembelajaran PAI dengan pelaksanaan pembelajaran, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan relevansi antara perencanaan pembelajaran PAI dengan pelaksanaannya. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian melibatkan kepala madrasah, guru PAI, dan informan lainnya yang relevan, yang dilakukan dalam jangka waktu terbatas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan interprestasi data. Temuan penelitian ini berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi secara mendalam, maka penulis menyimpulkan bahwa relevansi perencanaan pembelajaran dengan pelaksanaan pembelajaran PAI di MI Nurul Hidayah Palembang, meliputi pertama, deskripsi perencanaan pembelajaran PAI yang dibuat oleh guru PAI sudah baik karena keempat guru PAI yang diteliti telah memiliki perangkat pembelajaran di sekolah, adapun perangkat pembelajaran di buat diawal tahun pelajaran sebelum proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Perangkat pembelajaran yang dibuat seperti program tahunan, program semester, penentuan alokasi waktu, silabus dan sistem penilaian, dan RPP. Guru agama Islam mengembangkan perangkat pembelajaran dari buku pedoman tentang model silabus pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), KKG PAI, mengikuti pelatihan-pelatihan atau workshop. Selain itu, guru agama Islam mencari sumber bahan tambahan di internet untuk melengkapi kekurangan yang ada dalam perangkat pembelajaran PAI. Kedua, antara perencanaan pembelajaran PAI dengan pelaksanaan pembelajaran sudah relevan, walaupun masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya, misalnya kemampuan mengajar guru PAI, sarana dan prasarana sekolah, situasi lingkungan sekolah, jumlah alokasi waktu mata pelajaran PAI, jumlah dan keadaan peserta didik. Ketiga, upaya yang dilakukan untuk meningkatkan relevansi antara perencanaan pembelajaran PAI dengan pelaksanaannya adalah melakukan pembinaan kepada guru umpama meningkatkan pengetahuan guru PAI melalui kegiatan KKG, workshop, pelatihan dan seminar. Kemudian melengkapi sarana dan prasarana sekolah yang mendukung proses belajar mengajar secara bertahap.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH.2014
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:06
Last Modified: 14 Jan 2020 08:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5623

Actions (login required)

View Item View Item