PROBLEMATIKA MANAJEMEN KELAS DI MADRASAHTSANAWIYAH NEGERI(MTsN) 1PALEMBANG

ERMAWATI, ERMAWATI (2020) PROBLEMATIKA MANAJEMEN KELAS DI MADRASAHTSANAWIYAH NEGERI(MTsN) 1PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

[img]
Preview
Text
COVER BARU.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
revisi bab 1 setela ujian akhir terbuka.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
revisi bab 2.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
revisi bab 5.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengenai problematika manajemen kelas di MTsN I Palembang. Yang akan meneliti; Problematika perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuiting), dan pengkontrolan (controlling) manajemen kelas di MTsN 1 Palembang. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini, banyaknya kecurangan-kecurangan yang dilakukan diruang kelas oleh siswa, seperti pencontekan masal, atau pematokan nilai minimal bagi siswa mengindikasikan tidak terlaksananya manajemen pengelolaan kelas. Hal ini dimaksudkan untuk memanaj pengelolaan kelas, karena sebagai kemasan manajemen kelas harus mampu memberikan image kepada siswa dan guru bahwa manajemen pengelolaan kelasnya memiliki mutu yang baik. Karena dengan kemasan yang baik, besar kemungkinan tujuan pembelajaran tercapai dengan sempurna. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan cara terlibat lansung di lapangan (field research) dengan pengumpulan data yang berbentuk dokumentasi, observasi, wawancara, serta analisis data diskriptif dengan tahap-tahap atau tehnik yang telah ditentukan, seperti reduksi data, display data, dan verifikasi data. Penelitian problematika manajemen kelas di MTsN I Palembang, telah ditemukan beberapa problematika manajemen kelas diantaranya; belum adanya perencanaan manajemen kelas yang baik seperti pemahaman manajemen kelas adalah proses pembelajaran di kelas, belum ada aturan dan format manajemen kelas yang baku, perencanaan manajemen secara tertulis, serta problematika perencanaan secara fisik: lay out kelas tidak berubah-ubah,/ tata letak kelas yang tidak kondusif, display, perencanaan interior, alat kebersihan, papan tulis, data inventaris,. papan ceklis mengenai situasi kelas. Problematika pengorganisasian, secara non fisik (sosio emosional) yang melekat pada guru dan melekat pada siswa seperti: pendelegasian tugas pengembangan karakter, potensi dan bakat siswa, Problematika pelaksanaan manajemen kelas , secara nan fisik (sosio emosional) penggunaan media pembelajaran, pembelajaran yang monoton, komunikasi, intraksi, peran dan/kreativitas guru. Problematika control manajemen kelas secara fisik dan non fisik (sosio emosional) serta peraturan dan kedisiplinan Selain itu juga problematika kontrol manajemen kelas adalah guru lebih mengutamakan manajemen pembelajaran ketimbang manajemen kelas, pengkontrolan terhadap siswa lebih bersifat prosedural yang dituntut oleh atasan seperti penilaian kognitif, kontrol mengenai fisik kelas dan sosio emosional siswa tidak dapat dilakukan dengan baik, karena perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaannya tidak berkesinambungan dalam satu kesatuan manajemen kelas. Dengan simpulan fisik kelas, sosio emosional, dan kedisiplinan tidak dapat dilakukan dengan baik, karena perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan kontrolnya tidak berkesinambungan dalam satu kesatuan manajemen kelas yang utuh. Peneliti merekomendasikan agar guru-guru terus meningkatkan potensi dan strategi yang berkaitan dengan manajemen kelas. Dengan saran guru perlu melakukan perencanaan, pengorganisasia, pelaksanaan, dan kontrol terhadap kelasnya yang sesuai dengan kaidah manajemen kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S2) TH. 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 14 Jan 2020 08:19
Last Modified: 14 Jan 2020 08:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5626

Actions (login required)

View Item View Item