MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI 1 LUBUK KELIAT KECAMATAN LUBUK KELIAT KABUPATEN OGAN ILIR

ENDANG, SWITRI (2020) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI 1 LUBUK KELIAT KECAMATAN LUBUK KELIAT KABUPATEN OGAN ILIR. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER BARU OK.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TESIS ENDANG SWITRI OK BARU.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul Tesis: “Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Negeri 1 Lubuk Keliat Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir” Proses pembelajaran akan berkualitas dan berhasil dengan baik apabila tenaga pendidik mampu memanaj pembelajaran secara baik, khususnya pembelajaran bahasa Arab. Manajemen pembelajaran akan berhasil dengan baik jika seorang guru sebagai pendidik membuat perencanaan pembelajaran yang akan disampaikan secara baik dan efisien. Manajemen dalam suatu lembaga pendidikan sangat dibutuhkan bahkan mempunyai peran penting, SMA Negeri 1 Lubuk Keliat merupakan lembaga atau instansi pendidikan yang berusaha untuk memanajemen pembelajaran dengan baik,terkhusus manajemen pembelajaran bahasa Arab. Namun bila dilihat kondisi riil manajemen pembelajaran bahasa Arab, belum sepenuhnya berjalan dengan baik, terdapat kekurangan dalam pelaksanaan pengelolaan pembelajaran bahasa Arab. Berdasarkan kondisi riil tersebut, maka diasumsikan bahwa masih diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri 1 Lubuk Keliat. Masalah pokok yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu bagaimana manajemen yang dilaksanakan oleh guru bahasa Arab di SMA Negeri 1 Lubuk Keliat dan bagaimana tingkat efektivitas pembelajaran bahasa Arab dari model manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri 1 Lubuk Keliat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, penelitian dilaksanakan pada SMA Negeri 1 Lubuk Keliat. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif. Data diambil melalui observasi dan wawancara dengan berbagai kalangan seperti: kepala sekolah, wakil kepala sekolah, tenaga kependidikan (Tenaga Administrasi/TU), tenaga pendidik bahasa Arab dan siswa. Serta melalui dokumentasi. Untuk memperoleh data yang valid, maka dilakukan triangulasi sumber data, triangulasi metode dan tringulasi peneliti. Kemudian analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, triangulasi data dan penarik kesimpulan/verifikasi (Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: Pertama, manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri 1 Lubuk Keliat sudah melaksanakan prosedur manajemen pembelajaran bahasa Arab yang meliputi; perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pergerakan/pelaksanaan pembelajaran dan pengawasan evaluasi pembelajaran pembelajaran. Selanjutnya, dalam melaksanakan manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMA Negeri 1 Lubuk Keliat memiliki faktor penghambat dan faktor pendukung. Dan kedua manajemen pembelajaran bahasa Arab yang telah berjalan di SMA Negeri 1 Lubuk Keliat ini sudah baik namun perlu peningkatan dan penyempurnaan saja agar manajemen akan berjalan dengan baik lagi, aktif dan efektif, sehingga adanya model atau menejemen yang menyempurnakan sebahagian prosedur manajemen yang belum terlaksana dengan baik harus dilaksanakan, sehingga manajemen pembelajaran yang ada akan bertambah baik, aktif dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (S2) TH. 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:13
Last Modified: 15 Jan 2020 04:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5644

Actions (login required)

View Item View Item